Sukses

Ikut Jejak Indosat-XL, Smartfren Siap Kerja Sama Network Sharing?

Meski tak disebutkan siapa, Smartfren mengaku telah melakukan pembicaraan informal dengan beberapa pihak soal network sharing

Liputan6.com, Jakarta - Tampaknya, Smartfren akan segera mengikuti jejak Indosat Ooredoo dan XL untuk mengimplementasi berbagi jaringan (network sharing). Pasalnya, operator berbasis CDMA ini sudah melakukan pembicaraan informal terkait hal tersebut.

"Pembicaraan informal soal itu (network sharing.red) sudah ada. Tinggal 'colak-coleknya' saja," canda Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys ditemui usai Media Update 4G-LTE Advanced, di Jakarta, Senin (25/1/2016). 

Sekadar informasi, Indosat Ooredoo dan XL Axiata resmi bekerja sama untuk network sharing 4G. Namun, implementasi network sharing 4G baru terbatas pada perangkat Radio Access Network (MORAN).   

Lebih lanjut, pada acara tersebut, pria yang pernah berkarir di Siemens Network ini mengutarakan pandangannya bahwa salah satu keuntungan dari implementasi network sharing adalah efisiensi.

"Bayangkan 3-5 tahun lalu, ada 10 operator yang membangun jaringan di satu tempat dengan investasi yang sama. Itu kan pemborosan," katanya.

Menurutnya, network sharing tak hanya menjadi kebutuhan operator telekomunikasi dan pemerintah, tetapi juga bangsa Indonesia. "Dengan begitu, kita dapat meningkatkan efisiensi nasional. Operator dapat pula mengurangi impor perangkat telekomunikasi yang masuk ke sini." Tutup Merza.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini