Sukses

Cara Membuat Virus Komputer Sederhana

Kali ini Tekno Liputan6.com menyajikan artikel cara membuat virus komputer. Tapi perlu dicatat, ini bukan virus sungguhan yang berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta - Virus barangkali menjadi salah satu hal yang mendapat perhatian lebih dari para pengguna komputer. Ya, seperti kita ketahui bersama, virus berdampak buruk terhadap komputer, mulai dari yang ringan seperti menyembunyikan file dan folder, hingga yang berat seperti crash dan blue screen.

Nah, jika ada sebagian dari Anda yang bertanya-tanya, bagaimana cara membuat virus komputer, kali ini Tekno Liputan6.com menyuguhkannya khusus bagi Anda. Tapi perlu dicatat, sebetulnya ini bukan virus sungguhan yang betul-betul membahayakan komputer.

Sederhananya, melalui notepad, Anda dapat mengetikkan perintah tertentu yang akan dijalankan oleh komputer. Di uji coba kali ini, perintah yang dimaksud adalah mematikan komputer atau shutdown.

Skenarionya adalah, Anda membuat sebuah file berekstensi .bat, dengan nama yang memancing untuk diklik. Ketika file itu diklik, seketika muncul jendela berisi sejumlah pemberitahuan, seolah-olah komputer tersebut dalam 'bahaya' dan berujung pada matinya komputer tersebut. Padahal, pemberitahuan itu hanya rekaan dan matinya komputer tersebut sama persis seperti proses shutdown biasa.

Tanpa basa-basi lagi, berikut ini langkah-langkah cara membuat virus komputer sederhana, yang tim Tekno Liputan6.com rangkum dari WikiHow.

CATATAN REDAKSI
ARTIKEL INI KAMI SAJIKAN HANYA UNTUK TUJUAN EDUKASI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

1. Buka Notepad

Komputer yang menggunakan sistem operasi Windows mana pun dibekali program yang satu ini. Anda dapat menemukan Notepad di Programs - Accessories - Notepad. Atau Anda juga dapat mengklik menu Start dan mengetik 'notepad', lalu menekan tombol 'enter'.

2. Ketik perintah

Setelah Notepad terbuka, ketik perintah berikut ini.

@echo off
COLOR 02
echo *************************************************
echo VIRUS FOUND
echo ***********
echo VIRUS DELETING CRITICAL SYSTEM FILES
echo ************************************
echo ROOTKIT FOUND
echo *************
echo ROOTKIT INFECTING
echo *****************
echo PERSONAL INFORMATION BEING STOLEN
echo *********************************
echo ALLOWING VIRUS TO BOOT FROM STARTUP
echo ***********************************
echo TROJAN VIRUS FOUND
echo ******************
echo TROJAN VIRUS STEALING PASSWORDS/RESETTING PASSWORDS
echo **************************************************
timeout /T 5 /nobreak
shutdown -s -t 5 -c "Personal Information Stolen, Critical System Files Corrupted, Hardware Deletion"


Sekilas ini benar-benar seperti cara membuat virus komputer sungguhan, padahal ini hanya perintah 'shutdown' biasa

Catatan

a. Kata-kata di luar bahasa komputer dapat disesuaikan, seperti 'VIRUS FOUND', 'VIRUS DELETING CRITICAL SYSTEM FILES', dan kata-kata lainnya, dapat diganti dengan bahasa Indonesia.

b. Angka 5 pada perintah di dua baris terakhir 'timeout /T 5 /nobreak' dapat diganti. Angka tersebut adalah hitung mundur dalam satuan detik sebelum komputer dimatikan.


3. Simpan file

Setelah selesai mengetik semua perintah di atas, klik File - Save As. Kolom 'Save as type' diisi dengan 'all files', sedangkan kolom 'File name' diisi dengan nama virus bohong-bohongan yang ingin Anda buat.

Sekilas ini benar-benar seperti cara membuat virus komputer sungguhan, padahal ini hanya perintah 'shutdown' biasa

Jangan lupa menambahkan '.bat' di belakang nama file. Di contoh kali ini, kami menggunakan nama 'Cara Membuat Virus Komputer.bat'.

Sekilas ini benar-benar seperti cara membuat virus komputer sungguhan, padahal ini hanya perintah 'shutdown' biasa

Selesai! Berikut ini tampilan yang akan muncul ketika Anda mengklik file tersebut.



(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini