Sukses

Ada Dinosaurus Baru di Australia

Ahli paleontologi menemukan fosil spesies baru sauropodos. Para ilmuwan menilai mahluk ini merupakan nenek moyang unggas.

Liputan6.com, Eromanga: Para ahli paleontologi Australia mengumumkan penemuan spesies baru dinosaurus di sebuah peternakan domba di negara bagian Queensland. Fosil berumur 97 juta tahun tersebut berasal dari mahluk pemakan tanaman besar berleher panjang sauropodus. Tulang tersebut ditemukan di dekat situs di mana dinosaurus terbesar Australia ditemukan pada penelitian sebelumnya.

Spesies baru sauropodos yang berarti kaki kadal ini adalah salah satu temuan pentingnya. Sebagian besar temuan tersebut terlihat muncul di permukaan tanah dan penggalian lanjutan sudah dijadwalkan. Dinosaurus ini memiliki leher yang sangat panjang, berkepala kecil, dan bergigi tumpul.

Para ilmuwan memandang mahluk ini kemungkinan adalah nenek moyang unggas dan punah karena pengaruh peningkatan suhu bumi. "Ini adalah temuan yang menakjubkan karena kembali membuat Queensland menjadi pusat temuan dinosaurus Australia," kata ahli paleontologi Museum Queensland, Scott Hocknull seperti dikutip BBC, Kamis (27/8).

Herbivora kuno tersebut tepatnya ditemukan di dekat Kota Eromanga yang terletak di antara pinggiran laut besar masa cretaceous dini. Para peneliti menggambarkan daerah tersebut sebagai kuburan massal dinosaurus dan diyakini ratusan kerangka lain masih terkubur di sana. "Kami menemukan dinosuarus di semua bagian Queensland. Australia benar-benar menjadi pusat temuan dinosaurus. Di bawah tanah masih terdapat ratusan kerangka," ujarnya.

Dinosaurus terbesar Australia ditemukan di peternakan domba yang sama pada 2004. Panjangnya hampir 30 meter dan merupakan spesies baru titanosaurus.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini