Sukses

Cara Bermain CoC di Perangkat yang Berbeda

Mau tahu cara bermain CoC di perangkat yang berbeda? Cek di sini!

Liputan6.com, Jakarta - Siapa pun yang bermain CoC (Clash of Clans) mungkin pernah bertanya-tanya tentang cara bermain CoC di perangkat yang berbeda. Kedengarannya sih sepele, tapi coba bayangkan, apa yang harus dilakukan, jika sedang asyik bermain CoC, tiba-tiba smartphone rusak atau mati?

Atau mungkin ada juga yang penasaran bagaimana cara bermain CoC di smartphone baru, namun masih menggunakan data CoC sebelumnya? Gampang! 

Kali ini Tekno Liputan6.com akan membantu Anda yang ingin melakukan hal-hal tersebut di atas dengan tuntas. Cukup mengikuti langkah-langkah di bawah, Anda dapat dengan mudah memindahkan data CoC Anda dari berbagai perangkat yang Anda miliki sebelumnya, sehingga Anda tetap dapat bermain CoC di dua perangkat yang berbeda tanpa harus kembali membangun dari nol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

1. Transfer akun dari Android lama ke Android baru

  • Buka CoC dari Android lama.
  • Setelah masuk ke game, tap pada setting lalu pastikan apakah tombol Google+ sudah terhubung (connected) dengan akun Google+.
  • Mulai install CoC ke perangkat baru. Setelah instalasi selesai, buka game dan mainkan hingga tutorial selesai.
    Catatan: Pastikan untuk tidak melakukan upgrade pada Town Hall hingga level 4 dan tidak melakukan pembelian (in-app purchase) di perangkat baru. Beri nama apa saja untuk village baru saat tutorial.
  • Kembali ke menu setting, klik tombol Google+ Sign In dan masukkan akun Google+ yang digunakan pada akun CoC lama. Anda akan mendapatkan konfirmasi apakah Anda ingin menggunakan akun CoC tersebut. Pilih ya, dan game pun akan reload.

Voila! Akun CoC Anda sudah berpindah ke perangkat baru. Dengan metode ini, Anda akan memiliki 2 akun CoC di dua perangkat Android yang berbeda. Dengan demikian, Anda dapat bermain CoC secara bergantian dengan progress game yang sama.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Tips danTrik CoC

2. Transfer Akun Dari iOS ke iOS

  • Login di Game Centre terlebih dulu pada perangkat iOS lama.
  • Mulai mainkan CoC dan perhatikan apakah muncul notifikasi. Jika notifikasi muncul, berarti CoC Anda sudah terhubung dengan Game Centre.
  • Login di perangkat iOS Anda yang baru dengan menggunakan akun Apple ID yang Anda gunakan sebelumnya.
  • Di perangkat iOS baru, langsung install CoC. Saat Anda mulai bermain CoC, akan muncul Game Center Alert yang mengatakan kalau Anda memiliki data yang telah tersimpan di server. Pilih Okay untuk memuat (load) data CoC Anda sebelumnya.

That's it. Anda sudah bisa mentransfer data CoC di perangkat lama ke perangkat baru di Android dan iOS. Pertanyaan berikutnya adalah, bagaimana cara bermain CoC di perangkat iOS dan Android secara bergantian dengan data yang sama? Mudah saja. Anda hanya perlu mengikuti langkah berikut ini.

1. Buka CoC di perangkat Android (perangkat asal), lalu masuk ke Settings > Devices > Link a device > pilih "This is the old device" > "I want to link to another device" > muncul kode 12 digit (ingat-ingat atau catat kode tersebut).

2. Di perangkat iOS, masuk ke Settings > Devices > Link a device > "This is the new device" > Masukan 12 digit tadi. Pilih Okay saat diminta untuk konfirmasi.

Terbilang mudah bukan? Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa kode 12 digit tersebut berlaku selama 2 menit saja. Lewat dari waktu yang tersedia, Anda harus kembali mengulangi proses ini dari awal.

Demikian artikel cara bermain CoC di perangkat yang berbeda, yang Tekno Liputan6.com himpun dari berbagai sumber. Mudah-mudahan Anda dapat bermain CoC lebih seru dan bebas.

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini