Sukses

Google Berhasil Jual 5 Juta Cardboard

Cardboard yang disangka proyek main-main Google ternyata mencatat penjualan luar biasa

Liputan6.com, Jakarta - Google dikabarkan telah berhasil menjual perangkat virtual reality besutannya, Cardboard, sebanyak 5 juta unit. Informasi ini diperoleh langsung dari Google lewat laman blog-nya beberapa waktu lalu.

Jumlah ini dapat dikatakan di luar perkiraaan. Sebab, Cardboard sering dikira merupakan proyek main-main dari Google. Namun, di sisi lain, nyatanya penjualan produk tersebut cukup tinggi.

Google cardboard sendiri pertama kali diperkenalkan pada akhir Juni 2014. Perangkat virtual reality sederhana ini memang pada awalnya hanya tersedia untuk platform Android. Namun, versi terbaru cardboard juga mendukung sistem operasi iOS. 

Mengutip informasi dari laman Phone Arena, Jumat (29/1/2016), tak hanya perangkat Cardboard yang berhasil mencatat capaian luar biasa, aplikasi Cardboard pun disebut telah berhasil diunduh sampai 25 juta kali.

Google juga menyebutkan bahwa sudah ada 1.000 aplikasi virtual reality yang tersedia di Google Play Store. Tak hanya itu, durasi menonton video virtual reality di YouTube pun mencatat hasil yang luar biasa, yakni 350 ribu jam.

Virtual reality sendiri memang disebut bakal mendulang sukses dalam beberapa tahun mendatang. Oleh karena itu, tak sedikit perusahaan mulai merambah pengembangan teknologi virtual reality.

Google sendiri juga diketahui cukup serius menggarap teknologi virtual reality. Setelah cardboard, di awal tahun ini, Google juga mengumumkan telah membuat divisi komputasi khusus virtual reality.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini