Sukses

Begini Cara Nonaktifkan Autoplay Video pada Instagram

Cara menonaktifkan autoplay video pada instagram untuk mengurangi penggunaan paket data yang signifikan.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu belakangan, banyak jejaring sosial yang memberlakukan autoplay video tanpa mengharuskan pengguna mengeklik ikon Play atau View.

Sebagian pengguna tentu merasa nyaman dengan adanya kemampuan ini, namun tidak sedikit juga yang beranggapan bahwa fitur ini hanya ditujukan untuk memperbanyak jumlah penayangan.

Di samping itu, pengguna juga mengeluhkan penggunaan data yang lebih boros jika fitur autoplay tetap ada. Sebab, setiap video akan secara otomatis diputar tanpa adanya persetujuan pengguna dengan mengeklik Play atau View. Jadi, ketika pengguna melihat pemakaian data, dipastikan bahwa kuota data akan terpakai dalam jumlah yang signifikan.

Menanggapi keluhan tersebut, salah satu yang dapat dilakukan oleh pengembang aplikasi adalah dengan menyediakan cara mudah untuk mematikan fitur autoplay ini. Sayangnya, Instagram tidak menyediakan fitur untuk mematikan autoplay video secara permanen.

Dengan demikian, apa yang bisa dilakukan penggunanya adalah memastikan bahwa video tidak dalam posisi loading ketika Anda  terkoneksi dengan paket data.

Mengutip Phone Arena, Selasa (2/2/2016), beginilah cara mematikan autoplay video pada Instagram untuk perangkat berbasis Android maupun iOS.

  1. Buka Instagram dan masuk ke halaman Profile dengan menge-tap ikon siluet orang.
  2. Masuk ke Setting (pada ponsel Android tap ikon tiga titik vertikal di pojok kanan halaman Profile, sedangkan untuk iPhone, tap ikon roda bergerigi).
  3. Pada halaman Setting, geser ke bawah hingga menemukan opsi "Cellular Data Use"
  4. Pilih "Use Less Data" untuk menghentikan video pre-loading saat Anda sedang terkoneksi dengan paket data. Perlu dicatat, saat video masih akan terus dalam kondisi pre-loading ketika Anda menggunakan koneksi jaringan Wi-Fi.

Pengaturan ini, selain memperlambat pre-loading video, juga menghentikan pre-loading foto saat Anda membuka Instagram. Namun setidaknya ini bisa membantu Anda menghindari pemakaian paket data berlebih, bukan?

 (Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.