Sukses

Hore! Sekarang Bisa Langsung Chatting di Path

Hadirnya fitur berkirim pesan di aplikasi Path berbarengan dengan pembaruan Path versi 5.0 yang sudah bisa diunduh.

Liputan6.com, Jakarta - Ada kabar gembira bagi Anda pengguna aplikasi jejaring sosial Path. Sebab, Path baru saja melakukan perubahan besar dengan memasukkan fitur berkirim pesan langsung di dalam satu aplikasi. Jadi, pengguna tak perlu repot untuk berganti aplikasi ketika ingin berbincang dengan temannya.

Fitur ini resmi hadir bersamaan dengan pembaruan Path versi 5.0. Pengguna Path yang ingin memakai fitur ini dapat langsung mengunduh pembaruan di Google Play Store ataupun App Store. Setelah melakukan pembaruan, maka ikon chatting pun akan muncul di sebelah ikon notifikasi.

Fitur berkirim pesan ini pun dapat dikatakan cukup lengkap. Tak hanya berkirim pesan dengan satu orang, pengguna juga dapat melakukan group chat dengan beberapa orang sekaligus. Dan, salah satu yang menarik dari fitur ini adalah pesan yang dikirim akan segera dihapus secara otomatis setelah 7 hari layaknya di Path Talk. 

Hadirnya fitur chatting di aplikasi Path (sumber: appstore.com)

"Selamat datang fitur kirim pesan! Mulai sekarang kamu dapat berkirim pesan dengan teman terdekat tanpa harus keluar dari Path," jelas Path dalam pengumumannya di toko aplikasi mengenai fitur terbaru ini.

Tak hanya itu, bersamaan dengan kembalinya fitur kirim pesan di Path, aplikasi ini juga menyediakan stiker gratis 'Talk and Love'.

Kembalinya fitur berkirim pesan di aplikasi Path ini merupakan salah satu perubahan yang dilakukan pascaakusisi oleh Kakao 8 bulan lalu.

Mengutip informasi dari laman Tech Crunch, Selasa (2/2/2016), kembalinya fitur ini diperkirakan merupakan cara Path untuk bersaing dengan aplikasi jejaring sosial lainnya. Sebab, dengan memisahkan fitur chatting dari aplikasi utama jelas akan merepotkan pengguna.

Selain itu, dengan cara ini Path juga dapat meningkatkan pendapatan dari sisi konten berbayar. Dengan membiarkan pengguna lebih lama berinteraksi di satu ekosistem, besar kemungkinan penggguna juga akan tertarik untuk membeli sticker packs atau filter kamera.

Bahkan, bukan tidak mungkin dengan kembalinya fitur berkirim pesan ini, mendorong Path untuk berkembang di pasar-pasar yang belum maksimal.

Path sendiri resmi diakuisi oleh Daum Kakao Corp, perusahaan di balik KakaoTalk, pada Mei 2015. Akuisisi dalam bentuk akuisisi aset ini disebut menjadi bagian dari upaya ekspansi global masing-masing perusahaan. Setelah diakusisi Daum Kakao, posisi Dave Morin sebagai CEO pun diganti oleh Ji Hoon Rim.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.