Sukses

Alphabet Lewati Apple Jadi Perusahaan Paling Bernilai di Dunia

Dalam laporan keuangan terbaru, dengan nilai kapitalisasi US$ 58 miliar, Alphabet berhasil melampui Apple jadi perusahaan paling bernilai

Liputan6.com, Jakarta - Alphabet dikabarkan telah menjadi perusahaan paling bernilai di dunia melewati Apple. Hal ini dipastikan setelah ada lonjakan sekitar 8 persen di saham Alphabet, menyusul laporan pendapatan terbaru dari perusahaan induk Google tersebut.

Seperti dikutip dari laman Ubergizmo, Rabu (3/2/2016), kapitalisasi pasar Alphabet naik sampai US$ 558 miliar. Jumlah ini jelas mengungguli Apple yang masih bertahan dengan kapitalisasi pasar sebesar US$ 534 miliar.

Namun mengingat kondisi pasar saham saat ini sedang dinamis, bukan tidak mungkin posisi keduanya akan berubah. Hanya saja, dapat dikatakan ini adalah salah satu pencapaian terbaik Google dalam beberapa tahun terakhir. Sebab, ini kali pertama sejak 2010, Google memiliki nilai yang lebih tinggi dari Apple.

Bisnis inti Google yang terus berkembang disebut jadi salah satu faktor kenaikan nilai dari Alphabet sendiri. Salah satunya adalah bisnis inti iklan dari Google. Kendati jumlah cost-per-click menurun 13 persen tiap tahunnya, ternyata iklan dengan sistem paid click meningkat sampai 31 persen dari tahun ke tahun.

Google pun berhasil mencatat pencapaian yang luar biasa lewat layanan konsumen yang bernama Gmail. Layanan ini berhasil mencapai 1 miliar pengguna. Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, Gmail masuk dalam satu dari banyak layanan aplikasi Google yang memiliki 1 miliar pengguna. 

Alphabet sendiri merupakan perusahaan induk yang dibentuk Google tahun lalu. Dengan pemisahan tersebut, saat ini Google hanya mengurusi produk berbasis internet seperti Android dan Google Search. Sementara, divisi lain seperti Life Sciences, berada di bawah Alphabet.

Sekadar informasi, kedua perusahaan memang diketahui telah menjadi perusahaan yang paling bernilai sejak 2008 dan 2010. Bahkan, Apple sempat menyusul Google, ketika perusahaan tersebut mengalami lonjakan nilai kapital dari US$ 180 menjadi US$ 650 dalam kurun waktu antara 2010 dan 2012.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.
    Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.

    Apple

  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.

    Google

  • Alphabet