Sukses

Ini Solusi untuk Google Play Store yang Bermasalah

Liputan6.com, Jakarta - Google Play Store merupakan salah satu aplikasi bawaan yang wajib ada di smartphone Android. Tak hanya itu, aplikasi ini juga berperan penting sebagai sarana untuk memperoleh aplikasi untuk pengguna Android.

Namun, tak jarang aplikasi ini mendapat masalah. Mulai dari aplikasi yang tiba-tiba berhenti bekerja sampai tidak dibuka. Ini merupakan beberapa kendala yang sering ditemui pengguna smartphone Android. 

Untuk itu, berikut adalah solusi untuk mengatasi masalah tersebut yang tim Tekno Liputan6.com kutip dari laman Android Autorithy, Rabu (3/2/2016). Namun, perlu diketahui bahwa sebenarnya tidak ada petunjuk pasti untuk memperbaiki masalah di Google Play Store. Jadi, ini merupakan tips dan trik yang pernah dicoba untuk mengatasi masalah tersebut. 

Tutup paksa Google Play Store

Terkadang hal yang paling mudah adalah menutup paksa aplikasi ini. Cukup menggusur Google Play Store lewat laman multitasking. Atau dengan cari lain, yakni pengguna cukup memilih menu Settings, pilih Apps, dan All. Lalu, cari Google Play Store dan pilih 'Force Stop'.

Restart ponsel

Sebagai salah satu cara yang paling sering dilakukan, cara ini juga jadi yang paling berhasil untuk menyelesaikan beberapa masalah sekaligus.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

Hapus cache yang ada di Google Play Store

Memori cache adalah salah satu alat yang sangat membantu. Sebab, sistem cache memungkinkan ponsel untuk mengurangi penggunaan data dan mempercepat waktu muat. Namun, sering kali data yang diunduh ketika mengakses sebuah aplikasi tak begitu berguna.

Untuk itu, tak ada salahnya untuk menghapus memori cache secara rutin. Untuk menghapus memori cache Google Play Store, pengguna cukup membuka menu Settings dan pilih Apps. Dari situ cari Google Play Store dan pilih tombol Clear Cache.

Hapus data yang ada di Google Play Store

Jika membersihkan data cache tidak berhasil, menghapus data Google Play Store adalah satu pilihan yang dapat dilakukan. Untuk menghapus data di Google Play Store, pengguna cukup melakukan langkah yang sama ketika akan menghapus memori cache.

Hanya saja, pengguna harus memilih Clear Data dan bukannya Clear Cache. Namun, perlu diingat, bahwa ketika menghapus data, otomatis data yang disimpan pengguna juga turut hilang. Jadi, ketika akan mengakses Google Play Store kembali, pengguna harus memasukkan akun Google terlebih dulu.

Cek aplikasi yang diblokir

Ketika Google Play Store bermasalah mungkin salah satunya adalah karena sistem aplikasi yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Untuk itu, tidak ada salahnya memeriksa aplikasi yang mungkin diblokir.

Cara untuk melakukannya adalah buka menu Settings pilih Apps dan All. Lalu, cari aplikasi yang mungkin sedang berada dalam keadaan disable. Jika ada, pengguna cukup mengaktifkan kembali aplikasi itu.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Uninstall Google Play Store

Berikut daftar lima (5) aplikasi `segar` yang baru saja dirilis di Google Play Store dan wajib Anda coba untuk minggu ini

Cara di atas masih belum berhasil? Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan menghapus Google Play Store. Namun, mengingat ini adalah sistem aplikasi bawaan, pengguna tidak akan bisa menghapus aplikasi ini. Jadi, pengguna cukup menghapus pembaruan dan membawanya kembali ke versi yang lebih lama. 

Untuk melakukannya, pengguna cukup masuk ke menu Settings lalu Apps dan pilih Google Play Store, setelah itu pilih opsi uninstall updates. Satu hal yang perlu diingat adalah setelah menghapus update, pengguna masih bisa meng-install kembali pembaruan untuk aplikasi ini.

Cek Google Play Services

Google Play Services dapat dikatakan motor yang menjalankan perangkat Android. Untuk itu, memeriksa Google Play Services adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah yang ada di Google Play Store. 

Untuk melakukannya, pengguna cukup mengikuti langkah yang sama dengan menghapus memori cache dan data di Google Play Store. Namun, saat membuka App Manager, pengguna harus memilih Google Play Services terlebih dulu.

(Dam/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Rencana Pembunuhan Ahok Terendus Lewat Telegram
Artikel Selanjutnya
Wanita Ini Tertangkap Selundupkan 102 iPhone di Badan