Sukses

Hasil Polling: 81 Persen Tidak Setuju Netflix Diblokir

Sebanyak 81 persen memilih tidak setuju layanan streaming asing berbayar tersebut diblokir. Sementara, 19 persen memilih setuju.

Liputan6.com, Jakarta - Pekan lalu, tim Tekno Liputan6.com menggelar polling mengenai kehadiran layanan video streaming asing berbayar di Indonesia, Netflix. Sayang, kehadirannya di Tanah Air disambut pro dan kontra dari berbagai pihak. Sebagian pihak menyambut positif, tapi sebagian lainnya menganggap kehadiran Netflix bakal mengancam industri lokal.

Beberapa waktu lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) juga menyampaikan bahwa pihaknya telah berdiskusi dengan kementerian dan pihak terkait lainnya, dengan merujuk pada beberapa Undang-undang (UU), antara lain UU Telekomunikasi, UU Penyiaran, UU ITE, dan UU Pornografi.

Yang mengejutkan adalah, Telkom Group mengambil langkah antisipatif dengan melakukan pemblokiran terhadap Netflix, dengan pertimbangan kehadiran Netflix masih belum legal.

Melihat hal ini, melalui polling yang telah diikuti dari 209 voters, rupanya 81 persen di antara mereka tidak setuju layanan video streaming asing berbayar tersebut diblokir. Sementara, 19 persen sisanya setuju terhadap pemblokiran tersebut.

Kabar terakhir menyebutkan, pemerintah dalam hal ini Kemkominfo, menyiapkan regulasi untuk mengatur penyedia konten layanan di atas jaringan (over the top/OTT).

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo, Bambang Heru Tjahjono mengungkapkan, peraturan tersebut nantinya tidak hanya berlaku bagi Netflix, tetapi juga bagi semua OTT asing yang masuk ke Indonesia. Peraturan tersebut, kata Bambang, juga berlaku setara bagi OTT lokal.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini