Sukses

Nokia Pamer Teknologi LTE untuk Drone

Drone ini memiliki konsep Unmanned Aerial Vehicle Traffic Management (UTM), yang dapat dikendalikan dengan teknologi LTE secara aman.

Liputan6.com, Dubai - Nokia memamerkan pengoperasian drone Unmanned Aerial Vehicles (UAV) dengan menggunakan teknologi LTE. Teknologi dengan konsep Unmanned Aerial Vehicle Traffic Management (UTM) ini dipamerkan pada ajang UAE Drones for Good Award di Dubai pada 4–6 Februari.

Dalam keterangan rilis kepada tim Tekno Liputan6.com, Jumat (5/2/2016), Nokia menyebutkan bahwa jaringan LTE adalah sebuah fondasi yang ama bagi para operator jaringan, pemerintahan, serta otoritas keselematan publik untuk memonitor sebuah drone. 

Beberapa sektor industri dikabarkan tertarik untuk menggunakan drone ini adalah kesehatan, pertanian, pemberitaan, dan hiburan. Namun, pengelolaan UAV harus hati-hati mengingat banyak kendala dan tantangan yang datang dari pemerintahan dan otoritas penerbangan.

"Dengan keahlian LTE, konsep UTM Nokia bagi operator dan otoritas penerbangan akan memungkinkan terciptanya pengoperasian drone yang aman sebagai bagian dari pengembangan smart city di Uni Emirat Arab dan seluruh dunia," ujar Joachim Wuilmet, Head of Customer Marketing and Communications, Nokia Timur Tengah dan Afrika.

Beberapa sektor industri, termasuk layanan kesehatan, pertanian, pemberitaan dan hiburan sedang merangkul manfaat drone, tetapi mengelola pertumbuhan UAV dengan hati-hati merupakan sebuah tantangan bagi banyak pemerintahan serta otoritas penerbangan. 

Rincian spesifikasi teknis drone ini, antara lain jaringan LTE dikombinasi dengan Mobile Edge Computing, dongle LTE, GPS, komponen processing dan computing, aplikasi seluler untuk pilot UAV dengan antarmuka UTM.

(Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini