Sukses

XL Uji Coba VoLTE, Layanan Suara Berbasis 4G LTE

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler XL Axiata mulai menggelar uji coba layanan voice over LTE (VoLTE) dan aplikasi RCS (Rich Communication Suite) di Surabaya dan Denpasar. Ini adalah uji coba pertama kalinya yang dilakukan di luar ruangan dan secara live.

"Uji coba yang kami lakukan ini didasari pertimbangan keinginan kami untuk mampu memberikan layanan panggilan voice dan video yang superior kepada pelanggan," kata Chief Brand & Customer Experience XL, Nicanor V. Santiago III.

Dalam keterangannya, Nicanor menambahkan bahwa XL telah menyiapkan layanan ini secara seksama dengan melakukan uji coba terus menerus untuk memastikan kualitasnya.

Hasilnya sangat baik dan akan terus dikembangkan untuk penambahan fitur-fitur lainnya. XL menyatakan siap jika sewaktu-waktu layanan ini diluncurkan, termasuk kesiapan dari sisi handset-nya.

VoLTE sendiri merupakan layanan komunikasi percakapan suara melalui jaringan data 4G LTE, sedangkan RCS merupakan layanan komunikasi yang diperkaya dan lebih lengkap di atas sambungan internet.

Manfaat VoLTE dibanding layanan suara lainnya adalah kualitas suara yang dihasilkan sangat jernih dengan kualitas HD. Teknologi ini juga dapat menghemat daya baterai ponsel, talktime menggunakan VoLTE juga 1,5 kali lebih lama dibandingkan aplikasi VoIP lainnya.

Secara teknis, pada VoLTE, call set-up juga sangat singkat yang hanya perlu 1-2 detik. Layanan telepon lainnya, rata-rata membutuhkan 5-6 detik.

Dari sisi operator, jika dibandingkan dengan UMTS/GSM, VoLTE memungkinan operator untuk lebih efisien dalam menggunakan alokasi pita frekuensi yang dimiliki. Dengan demikian, operator bisa melayani lebih banyak pelanggan hingga 2 kali untuk voice call/MHz dibandingkan CS call.

Pelanggan yang melakukan/menerima layanan telepon juga akan tetap di jaringan LTE, tanpa perlu melakukan “fall back” atau pindah ke jaringan UMTS/GSM terlebih dahulu.

Sementara itu, RCS merupakan layanan komunikasi berbasis internet yang memadukan ragam fitur, antara lain seperti messaging, chatting, voice call, dan video call dalam satu aplikasi yang mudah digunakan. Dengan kata lain, RCS adalah pelengkap dari VoLTE.

Kedua teknologi tersebut diyakini dapat terus memberikan layanan panggilan voice dan video yang sangat superior dan lebih kepada pelanggan, dan memberikan pengalaman yang lebih baik dalam pemanfaatan jaringan LTE.

XL juga terus memperluas layanan 4G LTE miliknya ke berbagai wilayah, baik di Jawa maupun luar Jawa. Hingga saat ini, tercatat tidak kurang dari 35 kota sudah terlayani layanan 4G LTE.

(Dew/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini