Sukses

Sensor-1, Sistem Keamanan Portabel dan Personal

Sensor-1 merupakan sebuah disk oktagonal, yang memuat tiga macam sensor yaitu akselerometer, stabilisator giroskopis, dan magnetometer.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda membayangkan sebuah sistem keamanan portabel, yang dapat turut Anda bawa ke mana pun Anda pergi?

Semisal, sistem keamanan portabel ini Anda bawa ke coffee shop, lalu Anda menyetelnya untuk melindungi laptop Anda di meja dan meninggalkannya ketika Anda memesan minuman.

Adalah Sensor One, yang dapat melakukan hal tersebut, bahkan lebih. Metasensor, perusahaan di balik Sensor One, tengah melakukan kampanye penggalangan dana di IndieGoGo.

Dikutip dari Popular Science, Selasa (9/2/2016), Metasensor ingin menggunakan sensor pintar besutannya untuk mengubah cara kita melindungi barang-barang milik kita, dan bagaimana kita melacak barang-barang tersebut.

Sensor-1 merupakan sebuahdiskoktagonal, yang memuat tiga macam sensor yaituakselerometer, stabilisatorgiroskopis, danmagnetometer. Ketiganya mampu melacak orientasi dari perangkat, di mana Sensor-1 disisipkan, secara tiga dimensi.

Berkat ketiga sensor tersebut, kita akan mendapat pemberitahuan, pada saat dan bagaimana perangkat milik kita berpindah. Tak hanya itu, Sensor-1 juga dilengkapi dengan tiga buah LED, sebuah sirene, dan Bluetooth.

Ketika Sensor-1 dipindahkan, Sensor-1 akan membunyikan suara keras dan mengedipkan LED, mengirimkan sinyal peringatan ke smartphone kita, atau melakukan keduanya. Menariknya, Sensor-1 berfungsi di orientasi mana pun dan mampu merasakan pergerakan ke arah mana pun.

Dengan sebuah aplikasi yang terhubung, pengguna dapat menyesuaikan sensitivitas pergerakan yang memicu alarm (sirene) berbunyi, atau bahkan menyesuaikan proximity (kedekatan).

Artinya, Sensor-1 sudah siap secara otomatis memperingatkan Anda, ketika Anda sedang meninggalkan tas atau barang bawaan Anda di meja, ketika Anda memesan kopi.

Metasensor mengatakan, pihaknya melihat ketertarikan untuk aplikasi produk mereka dari orang-orang yang menyewakan rumahnya di AirBnB.

Mereka dapat menyisipkan Sensor-1 di barang-barang, yang menurut si pemilik rumah tidak dapat disentuh oleh si penyewa, dan memperoleh pemberitahuan saat barang-barang mereka dipindahkan.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini