Sukses

Ini Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 3, Apakah Layak?

Kepastian kehadiran dan harga Xiaomi Redmi 3 di Indonesia saat ini masih menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu.

Liputan6.com, Jakarta - Kepastian kehadiran dan harga Xiaomi Redmi 3 di Indonesia saat ini masih menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu, baik oleh masyarakat umum maupun Mi Fans--sebutan penggemar Xiaomi.

Demi memperoleh informasi valid, Tekno Liputan6.com bahkan sempat mengonfirmasi langsung kepada Xiaomi Indonesia mengenai Xiaomi Redmi 3. Sayangnya, kami belum mendapatkan titik terang.

Kendati demikian, telah diketahui pasti bahwa di luar Indonesia, harga Xiaomi Redmi 3 dipatok di kisaran US$ 106 atau sekira Rp 1,4 jutaan dengan kurs saat ini. Di atas kertas, harga tersebut sebetulnya terbilang murah, sebab Xiaomi Redmi 3 mengusung spesifikasi dan fitur unggulan.

Akan tetapi, jika dibandingkan dengan smartphone lainnya di kisaran harga yang mendekati, masihkah Xiaomi Redmi 3 unggul? Berikut ini sedikit gambaran dari Tekno Liputan6.com.

Perlu dicatat bahwa harga Xiaomi Redmi 3 di Indonesia akan sedikit berbeda dengan harga Xiaomi Redmi 3 di luar negeri. Sebagai contoh, kita asumsikan bahwa harga Xiaomi Redmi 3 di Indonesia adalah Rp 1,6 juta.

Di kisaran harga tersebut, kami kesulitan untuk menemukan smartphone dengan 'jeroan' yang sepadan dengan 'jeroan' Xiaomi Redmi 3: chipset Qualcomm Snapdragon 616, prosesor octa-core, RAM berkapasitas 2GB, memori internal seluas 16GB, kamera belakang dan depan dengan resolusi 13 dan 5 MP, baterai berkapasitas besar, serta material logam.

Kemudian, ditinjau berdasarkan pada skor di AnTuTu Benchmarks versi 5, sebagaimana dikutip dari Inside-Handy.de, Xiaomi Redmi 3 meraih skor 37691. Skor tersebut, tiga ribu poin lebih tinggi, jika dibandingkan dengan Hisense Pureshot, yang pernah kami uji.

Hisense Pureshot sendiri mengusung spesifikasi hampir sama dengan Xiaomi Redmi 3, namun masih dibanderol di kisaran Rp 2 jutaan.

Dari analisis sederhana di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa harga Xiaomi Redmi 3 yang masih lumayan jauh di bawah angka Rp 2 jutaan, adalah harga yang ramah bagi kantong. Dengan demikian, Xiaomi Redmi 3 memang betul layak untuk ditunggu.

(Why/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.