Sukses

Lakukan Sejumlah Hal ini Saat Gunakan Perangkat Mobile

Pengguna ponsel harus menjaga keamanan informasi saat menggunakan perangkatnya. Berikut beberapa tips yang diberikan oleh Google.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi membuat orang-orang lebih mudah dan praktis saat mengakses internet. Pemakaian perangkat mobile membuat pengguna juga bisa melakukan aktivitas kapan pun dan di mana pun.

Meski bermanfaat, ada pula risiko atas kemudahan akses internet. Melalui keterangan tertulis yang diterima tim Tekno Liputan6.com, Rabu (10/2/2016), Google memberikan tips keamanan untuk penggunaan perangkat mobile Anda:

1. Gunakan PIN pada Perangkat Mobile 

Keamanan dalam perangkat mobile merupakan hal yang sangat penting. Hal ini diibaratkan dengan pintu rumah yang selalu dikunci jika pemiliknya sedang berada di luar rumah.

Oleh karena itu, salah satu langkah yang paling penting dilakukan saat membeli perangkat mobile adalah mengatur kode PIN, password atau pola untuk mencegah orang lain membuka informasi pribadi Anda.

2. Unduh Aplikasi dari Sumber Terpercaya

Punya ponsel baru? Tidak sah jika Anda tak mengisinya dengan berbagai aplikasi yang dibutuhkan. Namun patut diketahui, mengunduh aplikasi tak bisa dilakukan sembarangan. Sebab beberapa aplikasi dapat berisi software yang berbahaya dan bersifat merusak.

Untuk itu, mengunduh aplikasi disarankan dari sumber resmi, seperti Google Play Store di perangkat Android, atau iTunes pada perangkat iPhone. Penting juga untuk membaca serangkaian komentar pengguna lain pada aplikasi yang Anda unduh tersebut sebelum melanjutkan unduhan dan memasangnya pada ponsel Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Waspada Saat Gunakan Jaringan Wi-Fi di Tempat Umum 

Saat ini banyak tempat berlomba-lomba menyediakan fasilitas Wi-Fi gratis. Pengguna perlu mewaspadai hal tersebut, sebab jaringan Wi-Fi terbuka bisa dimanfaatkan untuk penyalahgunaan informasi pribadi.

Oleh karenanya, ketika menggunakan Wi-Fi umum, hindari memasukkan informasi pribadi seperti username dan password Anda. Selain itu, hindari pula melakukan transaksi online seperti transaksi perbankan ataupun belanja online. 

4. Beri Pemahaman pada Anak tentang Penggunaan Internet 

Pemahaman tentang keamanan menggunakan internet juga perlu diketahui oleh anak. Maka, sebaiknya sebelum Anda memberikan perangkat mobile untuk anak, bekali dengan pemahaman laman mana dan informasi apa saja yang tepat bagi mereka.

Selain itu, tanyakan kepada putra-putri Anda apabila mereka menerima sebuah pesan yang meminta informasi pribadi agar orang tua juga diinformasikan—dan jangan pernah menanggapi pesan-pesan sekalipun menawarkan sebuah hadiah. 

5. Jika ponsel hilang aktifkan Android Device Manager

Saat Anda kehilangan ponsel Android, aktifkan Android Device Manager agar dapat mencari lokasi telepon seluler di sebuah peta secara jarak jauh. Selanjutnya, Anda juga bisa membunyikan, kunci, lakukan panggilan telepon, atau hapus semua data yang ada pada ponsel Anda.

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini