Sukses

Resmi Diakuisisi Microsoft, Xbox Music Ganti Nama Jadi Groove

Aplikasi yang berjalan di iOS ini mampu memahami kebiasaan mendengar lagu si penggunanya dan membuat playlist yang dapat dipersonalisasi.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari yang lalu Microsotf mengumumkan pembelian aplikasi musik iOS yang dibesut perusahaan startup Zikera. Hal ini tak mengagetkan karena Microsoft secara tiba-tiba mengganti nama aplikasi Xbox Music ke Groove beberapa bulan lalu. 

"Microsoft mengakuisisi aplikasi Groove milik Zikera. Tak ada informasi lain yang bisa kami bagikan," ujar juru bicara Microsoft kepada Venture Beat, Kamis (11/2/2016). 

Dalam sebuah pemberitaan, tim Zikera sempat mengungkap informasi akuisisi tersebut dan mengakui bahwa aplikasi yang berjalan di perangkat iOS itu tak lagi ada. Namun Zikera tak membeberkan kesepakatan dengan raksasa teknologi tersebut.

"Perjalanan kami dimulai dari iPod. Meski hal itu menjadi pengalaman hebat, kami sempat kesulitan untuk memilih apa yang akan diputar berdasarkan koleksi musik terbaik kami," katanya.  

Kelahiran Groove didasari atas sebuah ide terhadap layanan pemutar musik cerdas yang tahu selera dan kebiasaan pengguna dalam memilih musik di waktu yang tepat. Dan Zikera telah membuatnya sukses. 

"Kami begitu bangga memiliki Groove dengan pengalaman mobile yang kaya dan kesenangan musik tanpa henti melalui 10 juta personalisasi playlist yang kami buat," ujarnya.

Groove adalah layanan musik dengan playlist yang dapat dipersonalisasi menggunakan mesin pencari. Menurut Zikera, aplikasi Groove telah diunduh sebanyak 1,5 juta pengguna dari App Store

"Karena tak ada seorang pun yang betul-betul punya selera musik yang sama, Groove akan memahami kebiasaan mendengar pengguna agar lagu favorit yang didengarkan akan dirotasi kembali. Groove juga akan membuat playlist yang dapat dipersonalisasi," tutur tim Zikera pada 2013 lalu.

(Cas/Isk)
 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini