Sukses

Unik, Ada Sepatu Bisa Isi Daya Ponsel dari Langkah Kaki

InStep NanoPower memanfaatkan energi kinetik dari langkah kaki, yang kemudian diubah menjadi listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang berharap tidak perlu khawatir lagi ponsel miliknya kehabisan daya baterai. Ya, karena hampir sepanjang hari sebagian di antara kita berkutat dengan ponsel, entah itu untuk hiburan semata atau untuk pekerjaan.

Sekarang, harapan itu makin mendekati kenyataan. Para ilmuwan di University of Wisconsin-Madison menciptakan sebuah teknologi bernama NanoPower.

Teknologi yang saat ini sudah siap untuk dikomersialkan dengan nama InStep NanoPower tersebut, menurut informasi yang kami kutip dari Tech Radar, Kamis (14/3/2016), memanfaatkan energi kinetik dari langkah kaki, yang kemudian diubah menjadi listrik.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa teknologi tersebut dapat menciptakan daya hingga 10 Watt per satu meter persegi yang dilalui langkah kaki.

Sang penemu percaya bahwa InStep NanoPower suatu hari nanti dapat menghasilkan daya hingga 10 Kilowatt.

Dengan teknologi yang sudah mampu menghasilkan daya 10 Watt, sepatu ini dapat dengan mudah mengisi sebuah ponsel yang membutuhkan daya sekitar 2 Watt, meskipun belum ada cara untuk menghubungkan ponsel langsung ke sepatu tersebut.

Saat ini InStep NanoPower perlu mengomersialisasikan teknologinya terlebih dahulu sebelum kita benar-benar dapat memasangnya di sepatu kita dan siap menghubungkannya ke ponsel kita.

InStep Nano Power tengah berusaha meluncurkan teknologinya, yang mudah-mudahan akan memikat banyak pihak.

Video berikut ini menunjukkan bagaimana InStep NanoPower dapat mengisi senter dan menyalakannya di kecepatan berjalan kaki.



(Why/Jek)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini