Sukses

'Pangeran Nigeria' Kembali, Netizen Diharap Tak Tertipu

Lagi-lagi modus penipuan email yang mengaku sebagai pangeran Nigeria kembali muncul.

Liputan6.com, Jakarta - Ingatkah Anda dengan e-mail penipuan 'Pangeran Nigeria'? Bagi Anda yang sudah mengenal internet pada tahun 2000-an, pasti pernah terima e-mail berisi penipuan yang berkedok sebagai Pangeran Nigeria.

Sebagai informasi, penipuan ini berbentuk e-mail yang mengatakan kalau seorang Pangeran Nigeria butuh bantuan untuk men-transfer uang keluar dari negaranya. 

Di dalam e-mailnya, ia rela untuk memberikan sebagian uang tersebut bila Anda sudi membantu. Akan tetapi, untuk melakukan proses transfer, Anda harus mengirimkan uang ke rekeningnya untuk membayar pajak dan biaya lainnya.

Seiring semakin canggih teknologi dan banyaknya informasi, seharusnya orang tidak akan tertipu lagi dengan modus penipuan lewat e-mail macam ini.

Dilansir dari Anorak, Sabtu (13/2/2016), mereka menerima sebuah e-mail yang tampak seperti penipuan e-mail baru. Modus penipuan kali ini hampir mirip dengan e-mail penipuan Pangeran Nigeria sebelumnya, kecuali kali ini mereka menganti 'Pangeran' menjadi seorang 'Astronot' yang bernama Abacha Tunde, sebagai Mayor Angkatan Udara.

Dalam e-mailnya, dia mengaku tengah terjebak di luar angkasa sejak 1990, dan selama 14 tahun ini ia tengah mencari cara untuk membawa diri kembali, dan sedang berusaha mengumpulkan biaya sebesar Rp.40 miliar.

 Setelah dari pangeran Nigeria, kini seorang astronot yang minta bantuan (Foto: Ubergizmo)


Walau terlihat beda dengan modus penipuan sebelumnya, modus yang baru ini dibilang cukup mirip. Bahkan bisa dibilang cukup lucu, karena sepertinya sang pelaku terinspirasi dengan film The Martian yang dibintangi Matt Damon.

Semisal Anda terima e-mail ini atau hadir dengan modus serupa, Anda bisa cepat tanggap mengetahui kalau ini adalah modus penipuan.

(Ysl/Jek)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini