Sukses

YouTube Akuisisi Startup Pengembang Software Musik

Startup bernama BandPage ini membantu para musisi untuk mendistribusikan karyanya langsung untuk para penggemar

Liputan6.com, Jakarta - YouTube dikabarkan telah resmi mengakuisisi sebuah startup bernama BandPage. Startup yang berbasis di SanFransisco ini dikenal sebagai pengembang software untuk memudahkan para musisi menjual karyanya.

Jadi, para musisi dapat langsung menjual segala hal yang berkaitan dengan dirinya melalui media sosial, layanan streaming, maupun penjualan tiket konser.

Informasi akuisisi ini diketahui langsung dari laman blog BandPage beberapa waktu lalu. Meskipun nilai akusisi belum diumumkan, BandPage mengaku sangat senang bisa bergabung dengan YouTube. Sebab, hal ini dapat mendorong BandPage mencapai tujuan untuk membantu para musisi.

"Dengan bergabung bersama YouTube, kami dapat membantu para musisi untuk menjangkau fans mereka dengan cara yang lebih tepat dari sebelumnya," ujar BandPage dalam laman blog-nya, seperti dikutip dari laman International Business Times, Senin (15/2/2016).

Namun, dari informasi tersebut belum diketahui rencana yang akan dilakukan YouTube terhadap BandPage. Beberapa analis menilai bahwa ini merupakan upaya YouTube untuk memperkuat layanan berbayar miliknya, YouTube Red, yang baru saja dirilis.

Dengan bergabungnya BandPage, layanan berbayar tersebut diharapkan dapat menarik perhatian para penggemar musik dengan konten-konten para musisi. Sebab, situs berbagi video milik Google tersebut memang dikabarkan belum berhasil mendapat keuntungan dari layanan video.

Sekadar informasi, BandPage sendiri merupakan salah satu platform pemasaran musik yang disebut cukup berhasil. Ada lebih dari 500 ribu musisi yang sudah bergabung di BandPage, termasuk musisi kenamaan seperti Alicia Keys, Beyonce, Justin Timberlake, dan John Legend.

Selain itu, BandPage juga telah berhasil bekerja sama dengan beberapa penyedia layanan musik, seperti Spotify, SoundCloud, Rhapsody, iHeartRadio, dan situs lainnya.

Lewat kerja sama itu, BandPage membantu musisi membuat untuk menyiarkan, mempromosikan, termasuk menjual musik lewat masing-masing penyedia layanan.

(Dam/Cas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.