Sukses

Saingi Google, Wikipedia Rancang Mesin Pencarian Sendiri

Wikipedia menampik rumor bahwa mesin pencarian tersebut akan serupa dengan Google.

Liputan6.com, California - Perusahaan induk ensiklopedia online Wikipedia, Wikimedia Foundation, dikabarkan telah merampungkan rencananya untuk merilis sebuah mesin pencarian.

Meski begitu, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut menampik rumor bahwa mesin pencarian tersebut akan serupa dengan mesin pencarian Google.

Menurut informasi yang dilansir The Register, Senin (15/2/2016), rencana Wikimedia Foundation mengembangkan mesin pencarian telah lebih dulu bocor dari sebuah dana yang diterima sebesar US$ 250 ribu atau setara Rp 3,36 miliar dari yayasan Knight.

Diketahui, mereka menargetkan dana US$ 2,5 juta atau sekitar Rp 33 miliar untuk menciptakan sebuah mesin pencarian canggih.

Dana tersebut diduga yang ‘pertama’ untuk membantu Wikipedia. Sementara, pendiri Wikipedia Jimmy Wales mengatakan, tujuan penciptaan mesin pencarian ini adalah untuk membangun sistem guna mencari informasi dari kumpulan ensiklopedia yang ada di internet.



Sebagai langkah awal, Wikimedia Foundation pelan-pelan akan mengubah konsep Wikipedia. Nantinya, Wikipedia akan berubah dari ensiklopedia online menjadi sebuah ‘portal’ informasi terbuka untu masyarakat.

Belum jelas kapan mesin pencarian tersebut akan rampung. Kabarnya, proyek ini akan memakan waktu 12 bulan dan berakhir Agustus 2016.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini