Sukses

Smartfren: Kami Operator Indonesia Pertama yang Luncurkan VoLTE

Dengan jaringan 4G Advanced terluas di Indonesia, Smartfren akan menjadi operator Indonesia pertama yang meluncurkan layanan VoLTE.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sukses menyebarkan jaringan 4G Long Term Evolution (LTE) Advanced di 85 kota, operator penyedia jasa telekomunikasi, Smartfren, kini menghadirkan layanan Voice over LTE (VoLTE).

VoLTE sendiri adalah layanan suara (voice) berbasis jaringan Long TermEvolution melalui IP Multimedia System (IPS) yang memiliki jalur khusus atau dedicated bearer. Dengan demikian, layanan suara yang dihasilkan diklaim lebih jernih tanpa noise dibandingkan panggilan suara biasa.

Smartphone Product Development Head Smartfren Ario Junianto mengungkapkan, dengan jaringan 4G Advanced terluas di Indonesia, Smartfren akan menjadi operator pertama yang meluncurkan layanan ini.

"Di luar negeri, layanan VoLTE ini sudah digunakan oleh semua operator karena operatornya sudah mendukung. Tetapi di Indonesia memang kami yang pertama," ucap Ario saat memberi penjelasan tentang VoLTE kepada media di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (17/2/2016).

Nantinya, tarif layanan VoLTE yang disajikan Smartfren akan menggunakan pulsa reguler, sehingga tidak akan memotong paket data yang dimiliki pengguna. "Dengan tarif sama, tetapi bisa mendapatkan kualitas yang lebih, kenapa tidak. Tentu akan diminati oleh pengguna," kata Ario menambahkan.

Ario mengatakan, layanan VoLTE bisa digunakan dengan syarat ketersediaan jaringan 4G pada operator. Selain itu, operator juga harus mendukung layanan VoLTE.

"Jadi kalau kita ingin menggunakan layanan VoLTE, tapi operator belum mendukung ketersediaan layanan tersebut, ya belum bisa menikmati VoLTE, kecuali menggunakan Smartfren," katanya.

Smartfren sendiri secara resmi akan meluncurkan VoLTE pada Jumat, 19 Februari 2016. Untuk mendukung penggunan VoLTE, Smartfren juga meluncurkan dua handset pada saat yang sama, yakni Andromax R2 dan E2 yang harganya disebut-sebut cukup terjangkau.

Sementara itu, Head of Smartphone Smartfren, Sukaca Purwokardjono, mengungkapkan layanan VoLTE akan menjadi salah satu teknologi andalan untuk bersaing dengan operator lainnya di tahun 2016.

"Mungkin saat ini para pengguna perangkat lebih senang melakukan chatting. Namun dalam keadaan tertentu, voice masih sangat dibutuhkan terutama voice dengan kualitas suara yang jernih. Karenanya, kami menghadirkan VoLTE dengan dukungan 4G LTE," ujarnya.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini