Sukses

Cara Baru Berkomunikasi, Smartfren Resmi Luncurkan VoLTE

Smartfren resmi meluncurkan layanan suara berbasis jaringan 4G-LTE tersebut di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah memperkenalkan layanan Voice over LTE (VoLTE) kepada media beberapa waktu lalu, perusahaan telekomunikasi Smartfren resmi meluncurkan layanan suara berbasis jaringan 4G-LTE tersebut di Indonesia.

VoLTE merupakan layanan suara yang diklaim lebih jernih tanpa noise dibandingkan dengan layanan panggilan suara biasa lantaran menggunakan jaringan LTE melalui IP Multimedia System (IPS) yang memiliki jalur khusus atau dedicated bearer.

Peluncuran layanan terbaru ini dilakukan Smartfren untuk mempercepat penetrasi 4G LTE di Indonesia. Sebab, saat ini jaringan  4G LTE Smartfren sudah menyebar di 85 kota di Indonesia. Untuk itu, anak perusahaan Sinar Mas tersebut bangga menyebut dirinya sebagai operator pertama di Indonesia yang meluncurkan layanan VoLTE.
Presiden Direktur PT Smartfren Telecom Merza Fachys (tengah) memberi sambutan tentang layanan VoLTE Smartfren di Jakarta, Jumat (19/2/2016). Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani
Dalam sambutannya, Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys mengatakan banyak pihak mempertanyakan kegunaan layanan VoLTE di Indonesia.

"Pertanyaan kenapa kita menghadirkan VoLTE itu sama dengan pertanyaan yang diajukan 10-12 tahun lalu ketika kamera disematkan di ponsel. Namun kini kita tahu, tidak ada ponsel tanpa kamera kan," kata Merza membuka peluncuran layanan VoLTE di Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Ia melanjutkan, kehadiran layanan VoLTE nantinya akan menjadi tren bagi perkembangan telekomunikasi di Indonesia. Menurutnya, dalam layanan VoLTE bukan fitur suaranya yang penting, melainkan bisa beriringan dengan video call.

"Jadi kenikmatan setelah hadirnya layanan VoLTE, kita bisa berkomunikasi sambil menikmati video, seperti video call dan lain-lain. Dengan video, komunikasi jadi lebih mudah dan menyenangkan," ujarnya.

Ia menambahkan, sebagai operator pertama yang meluncurkan layanan VoLTE, Smartfren telah mengungguli operator lain di Indonesia.

"Jaringan kami benar-benar sudah siap dengan demikian VoLTE akan bisa dinikmati dengan baik. Kami akan terus berusaha untuk membuka akses teknologi bagi masyarakat Indonesia dengan menghadirkan layanan berkualitas," katanya.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini