Sukses

Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge Resmi Meluncur

Samsung resmi meluncurkan dua smartphone terbarunya, Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge di ajang Samsung Galaxy Unpacked di CCIB exhibition centre

Liputan6.com, Barcelona - Samsung secara resmi meluncurkan dua smartphone andalan terbarunya, Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge di ajang Samsung Galaxy Unpacked di CCIB Exhibition Centre (Centre de Convencions Internacional de Barcelona), Spanyol, Minggu malam (21/2/2016) waktu setempat.

Menariknya, selama sesi peluncuran, audience mendapat dua pilihan, yaitu melihat langsung ke big screen atau melalui virtual reality headset (Samsung Gear VR).

Samsung Galaxy S7 Unpack di CCIB Exhibition Centre. Foto: Liputan6.com/Iskandar

"Kami bangga menjadi bagian dari Samsung untuk memperkenalkan Galaxy terbaru. Kami mengerti apa yang Anda butuhkan. Dan kini kami berkewajiban untuk menghubungkan ratusan juta orang orang di dunia," ujar DJ Koh, Presiden Mobile Communications Business, Samsung Electronics, pada saat sesi Samsung Galaxy Unpacked 2016, yang juga dihadiri Tekno Liputan6.com.

Samsung Galaxy S7 Unpack di MWC 2016. Foto: Liputan6.com/Iskandar

"Para hadirin, izinkan saya untuk memperkenalkan Galaxy S7 dan S7 Edge," kata Koh menambahkan.

Kemudian, Justin Denison, Senior VP Product Strategy, menuturkan, "Kami menggabungkan desain dan teknologi dengan material metal dan glass. S7 tampil lebih tipis dan sleek. Soal multitasking, tak diragukan lagi."


Tak lupa, pihaknya juga menyediakan microSD slot tanpa mengorbankan desain. Mengenai kamera, Denison mengatakan bahwa Galaxy S7 mampu membidik gambar dalam kondisi apa pun, sepanjang hari.

Homescreen Samsung Galaxy S7. Foto: Liputan6.com/Iskandar

Soal desain, tak ada yang berbeda dari versi sebelumnya, Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge. Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge dilengkapi dengan layar Super AMOLED. Namun bedanya, Galaxy S7 memiliki layar 5,1 inci, sedangkan Galaxy S7 Edge 5,5 inci dengan model layar curved atau melengkung.

Spesifikasi lainnya, baik Galaxy S7 maupun Galaxy S7 Edge, diperkuat chipset Exynos 8890--ada juga pilihan chipset Snapdragon 820--dan RAM sebesar 4GB. Hal ini membuat CPU Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge 30 persen lebih tangguh dan GPU 60 persen lebih baik dari Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge.

Di bagian fotografi, smartphone yang berjalan di sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow ini menyematkan kamera belakang dengan sensor beresolusi 12 Megapiksel (MP) piksel ganda (dual pixel). Resolusi ini menurun cukup jauh dari seri sebelumnya yang menyematkan kamera 16MP.

Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge. Foto: Liputan6.com/Iskandar

Kendati demikian, teknologi ini diklaim memiliki kemampuan 100 persen phase detection pixel (Galaxy S6: 0,78 phase detection pixel), sehingga kamera mampu menangkap fokus pada objek dengan jauh lebih cepat.

Sementara kamera depan memiliki resolusi 5MP yang mampu mengakomodasikan hasrat pengguna untuk ber-selfie ria. 

Tahan air dan debu

Fitur lainnya adalah Always on Display (AOD) yang memungkinkan pengguna menampilkan Time, Calender, dan Personalize, meskipun layar sedang tidak aktif. Khusus Galaxy S7 Edge terdapat tambahan fitur Edge UX untuk menampilkan lebih banyak aplikasi pada Edge screen.

Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge tersedia dalam empat warna pilihan yaitu Black, White, Gold, dan Silver. Keduanya, lanjut Denison, tahan terhadap air. Ia berujar bahwa S7 merupakan perangkat cantik yang tahan air dengan sertifikasi IP68.  

Artinya, smartphone ini tahan air dan debu. Dan kini, semua seal karet pada penutup port, termasuk port USB, disematkan di dalam bodi sehingga terlihat lebih clean dan rapi.

Bodi Atas Samsung Galaxy S7 Edge - SIM Card Hybrid (SIM Card Slot dan Micro SD Slot Menyatu). Foto: Liputan6.com/Iskandar

Wireless charging

Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge menyediakan pilihan pengisian baterai dengan teknologi efisien dan bahkan tanpa kabel (wireless charging).

Selain itu, hybrid SIM Card slot memungkinkan pengguna memasukkan kartu microSD berkapasitas hingga 200GB pada ruang penyimpanan tambahan, serta di beberapa negara tertentu, pengguna dapat memasukkan kartu SIM rangkap (Dual SIM Card).

Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge akan diluncurkan secara global pada Maret 2016. Akan tetapi, untuk pre-order, ada sebuah penawaran menarik.

"Bagi yang melakukan pre-order pada 11 Maret, di beberapa pasar terpilih, akan memperoleh bonus Gear VR," jelas Denison.

(Isk/Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini