Sukses

Resmi Meluncur, Galaxy S7 dan S7 Edge Gendong Baterai Besar

Tak hanya di sektor layar, dapur pacu, dan fotografi, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge juga mendapatkan pembaruan di sisi day

Liputan6.com, Barcelona - Tak hanya memperoleh peningkatan di sektor layar, dapur pacu, dan fotografi, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge juga mendapatkan pembaruan di sisi daya baterai.

Ya, ada perbedaan cukup mencolok lantaran Samsung Galaxy S7 diperkuat baterai berkapasitas 3.000mAh, sedangkan Samsung Galaxy S7 Edge ditopang baterai 3.600mAh.

Peningkatan yang dilakukan Samsung terbilang cukup signifikan, mengingat Galaxy S6 mempunyai kapasitas baterai 2.550mAh, sedangkan Galaxy S6 Edge 2.600mAh.

Menyinggung soal baterai, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas pengisian daya baterai (charging). Logikanya, makin besar kapasitas baterai, makin lama waktu yang diperlukan untuk mengisinya. Tapi untungnya, ini bukan masalah.

Sama seperti Galaxy S6 dan S6 Edge, Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge tidak hanya mendukung pengisian dengan kabel (wired charging), tetapi juga tanpa kabel (wireless charging) secara cepat (fast/quick charging).

Khusus wireless charging, Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge kompatibel dengan wireless charging jenis Power Matters Alliance (PMA) dan Wireless Power Consortium (WPC).

Spesifikasi lainnya, baik Galaxy S7 maupun Galaxy S7 Edge diperkuat Exynos 8890 -- ada juga pilihan Snapdragon 890 -- dan RAM 4GB. Hal ini membuat CPU Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge 30 persen lebih tangguh dan GPU 60 persen lebih baik dari Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge.

Screen Lock Samsung Galaxy S7 Edge. Foto: Liputan6.com/Iskandar

Untuk layar, Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge dilengkapi layar Super AMOLED. Bedanya, Samsung Galaxy S7 memiliki layar 5,1 inci, sedangkan Galaxy S7 Edge mengusung layar 5,5 inci dengan model curved atau melengkung.

Di sektor fotografi, smartphone yang berjalan di sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow ini menyematkan kamera belakang dengan sensor beresolusi 12 megapiksel (MP), dan mengadopsi teknologi Dual Pixel.

Yang menarik, sensor kameranya mendukung aperture hingga f/1.7, sedangkan Galaxy S6 Edge memiliki aperture f/1.9. Imbasnya, bukaan aperture yang besar tersebut membuat kamera mampu membidik objek dengan detail tinggi walau sedang di kondisi minim cahaya sekali pun.

Sementara kamera depan memiliki resolusi 5MP yang mampu mengakomodasikan hasrat pengguna untuk ber-selfie ria. 

Kemudian, cangkang kamera yang ada pada belakang bodi juga dibuat lebih tipis yaitu 0,46mm atau hampir rata dengan bodi. Karena itu, Samsung Galaxy S7 ini lebih stabil jika ditaruh di atas meja.

(Isk/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.