Sukses

Android N Bakal Hadir Tanpa App Drawer?

Liputan6.com, Jakarta - Google memang belum secara resmi memperkenalkan sistem operasi Android terbaru, yakni Android N. Namun, sebuah informasi dari sumber terbaru menyebutkan bahwa Android N akan hadir dengan membawa perubahan tampilan yang cukup signifikan.

Mengutip informasi dari laman Android Autorithy, Selasa (23/2/2016), berdasarkan informasi dari dua sumber berbeda, Google disebut berencana untuk menghilangkan fitur App Drawer di Android N. Alasan penghilangan fungsi itu belum diketahui, tapi Google diperkirakan tidak cukup puas dengan keberadaan App Drawer.

Di samping itu, jika benar Google akan menghapus App Drawer, tampilan Android pun diperkirakan akan semakin mirip dengan iOS. Padahal, keberadaan App Drawer sering disebut menjadi pembeda dua sistem operasi terbesar itu.

Selain itu, beberapa vendor asal Tiongkok juga telah mengusung tampilan antarmuka pengguna yang tak lagi menyematkan fitur App Drawer. Salah satunya adalah MIUI besutan Xiaomi yang dengan jelas menampilkan seluruh aplikasi di halaman depan.

Faktor lainnya adalah perubahan tampilan yang dilakukan Google pada Android 6.0 M. Pada pembaruan itu, Google telah mengubah navigasi Android yang sebelumnya horizontal menjadi vertikal. Sayangnya, perubahan itu ternyata tidak mendapat tanggapan yang cukup baik dari pengguna Android. 

Tak hanya itu, kabar penghapusan App Drawer di Android N turut diperkuat perilisan dua seri smartphone terbaru dari Samsung dan LG. LG G5 diketahui tak lagi memiliki fitur App Drawer di halaman depannya.

Samsung melalui Galaxy S7 pun melakukan hal serupa. Kendati tidak secara otomatis, pengaturan dalam Galaxy S7 ternyata memungkinkan pengguna untuk menghilangkan fitur AppDrawer dari halaman depan.

Hanya saja, kabar ini masih perlu dipastikan kebenarannya. Sebab, Google sendiri belum memberikan informasi resmi terkait Android N. Namun, menilik kebiasan Google merilis sistem Android terbaru saat gelaran Google I/O. Untuk itu, bukan tidak mungkin, Android N pun akan diperkenalkan saat gelarang untuk para pengembang tersebut. 

(Dam/Cas)

Artikel Selanjutnya
Kode Tersembunyi di Android Oreo Ungkap Fitur Menarik, Apa Itu?
Artikel Selanjutnya
Catat, Ini Jadwal Peluncuran iPhone 8