Sukses

Perbandingan Spesifikasi Ponsel LG G5 vs LG G4

Berikut ini ulasan singkat perbandingan spesifikasi smartphone LG G5 dengan LG G4.

Liputan6.com, Barcelona - Produsen teknologi asal Korea Selatan, LG, baru saja merilis handset premium terbarunya, LG G5, pada gelaran Mobile World Congress 2016 di Barcelona.

Ponsel yang jadi perhatian karena mengusung konsep smartphone modular itu rupanya memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan pendahulu, LG G4, yang meluncur tahun lalu. Dilansir dari laman International Business Times, Kamis (25/2/2016), inilah rangkuman pandingan keduanya.

1. Desain 
Melalui LG G5, LG mengusung konsep modular, yang memberikan ruang pada bagian bawah untuk menempatkan beberapa modul berbeda.

Pada LG G5, perusahaan yang bermarkas di Seoul ini menghadirkan Cam Plus yang menawarkan pengaturan fisik untuk kamera G5 sehingga membuatnya lebih mudah dioperasikan dengan satu tangan. Selain itu, ada modul amplifier yang dibuat oleh Bang dan Olufsen untuk meningkatkan kualitas audio.

Dari segi estetika, LG G5 disebut-sebut jauh lebih terlihat premium dibandingkan LG G4. G5 berukuran lebih tipis dibandingkan G4, tetapi lebih tinggi dan lebih berat dibandingkan pendahulunya itu. Jika diukur, berat G5 159 gram sedangkan G4 hanya 155 gram. Layaknya ponsel flagship terbaru, G5 juga dilengkapi dengan pemindai sidik jari pada tombol screenlock dan power.

2. Tampilan
Sebelumnya, LG G4 mengusung layar IPS sebesar 5,5 inci, sebagai pembaruan, kini LG G5 justru memberikan tampilan layar yang sedikit lebih kecil, yakni layar IPS 5,3 inci. Meski begitu, keduanya memiliki resolusi yang sama, yakni 1440 x 2560 Quad HD.

Namun, dengan layar yang lebih kecil, LG G5 memiliki kerapatan piksel yang lebih besar, yakni 554ppi dibandingkan dengan G4 yang hanya 538 ppi. Dengan demikian, ponsel flagship terbaru yang diluncurkan 22 Februari ini akan memiliki gambar yang lebih tajam dibandingkan G4.

Perbedaan mencolok antara keduanya terletak pada tampilan always-on yang membuat waktu, tanggal, dan notifikasi selalu terpampang pada layar meskipun ponsel dalam keadaan terkunci.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Kekuatan dan Memori
Layaknya ponsel premium 2016, G5 diperkuat dengan prosesor Snapdragon 820 dari Qualcomm serta dipersenjatai dengan RAM 4GB. Sementara, LG G4 yang melenggang tahun lalu masih menggunakan prosesor Snapgragon 808 serta RAM 3GB.

LG sendiri mempersenjatai ponsel-ponsel premiumnya dengan memori yang cukup besar. Pada perangkat G5, LG menghadirkan ruang penyimpanan internal hingga 32GB yang dapat diperluas dengan kehadiran slot microSD hingga kapasitas 2TB. Sedangkan G4 hanya dapat diperluas hingga 128GB.

4. Kamera 
Kedua ponsel premium LG hadir dengan kamera belakang beresolusi 16MP yang dibekali dengan laser autofocus serta kamera depan beresolusi 8MP.

Perbedaan utama keduanya adalah pada LG G5 memiliki dua buah kamera belakang yang salah satunya mampu menangkap foto wide angle dengan sudut 135 derajat. Perusahaan menyebutkan bahwa kamera ini merupakan yang terluas dari semua kamera ponsel lainnya di pasaran.

5. Baterai 
Pada perangkat terbarunya, G5, LG menurunkan kapasitas baterai dibandingkan ponsel pendahulunya. G5 memiliki baterai berkapasitas 2800mAh, sedangkan G4 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3000mAh.

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.