Sukses

[Review] Axioo Venge, Smartphone 4G dengan RAM 3GB

Salah satu spesifikasi yang diunggulkan dari Axioo Venge adalah RAM 3GB, dengan arsitektur kernel 64 bit.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone 4G LTE kini semakin banyak bermunculan di pasar smartphone seiring tumbuhnya ekosistem 4G di Indonesia. Axioo tak ingin ketinggalan bermain di segmen ini.

Perusahaan yang dulunya dikenal sebagai produsen laptop lokal tersebut, belum lama ini merilis dua varian smartphone 4G yaitu Venge dan Venge X.

Salah satu spesifikasi yang diunggulkan dari smartphone ini adalah RAM 3GB, dengan arsitektur kernel 64 bit. Tim Tekno Liputan6.com berkesempatan menjajal salah satu dari smartphone yang menyasar kelas menengah ini, yakni Axioo Venge.
Paket pembelian Axioo Venge (Liputan6.com/Dewi Widya Ningrum)
Axioo sepertinya ingin menarik konsumen untuk membeli smartphone ini dengan menonjolkan sisi performa. Venge dibekali dengan RAM 3GB yang saat ini belum banyak beredar di pasaran, namun harganya ramah di kantong.

Dengan RAM 3GB tersebut, Venge dibanderol seharga Rp 2.199.000. Seperti apa desain dan performanya? Mari kita simak.

Desain

Kesan elegan coba dihadirkan Axioo dengan pemilihan materialnya. Bagian belakang (back cover) Venge dibalut material seperti sandstone sehingga tidak terasa licin saat dipegang.

Material belakangnya mirip yang dipakai smartphone OnePlus One. Hanya saja yang dipakai Venge lebih halus.
Cover belakang Axioo Venge (Liputan6.com/Dewi Widya Ningrum)
Yang membuat Venge semakin terlihat elegan adalah adanya akses warna emas pada bagian pinggir handset ini. Warna ini terlihat pas dipadukan dengan back cover sandstone berwarna hitam.

Secara desain, Venge dirancang simpel layaknya smartphone yang banyak beredar sekarang ini, dengan bagian sudut membulat. Bobot Venge cukup ringan, hanya 131 gram. Ponsel dengan ketebalan 8,25 mm ini terasa pas saat digenggam dengan satu tangan.
Baterai Axioo Venge (Liputan6.com/Dewi Widya Ningrum)
Selebihnya, tombol-tombol yang terdapat pada Venge hampir sama dengan smartphone lain pada umumnya. Ada tombol On/Off dan Volume Up/Down di sebelah kanan.

Di bagian bawah terdapat port micro USB, sedangkan di sisi atas terdapat port audio 3,5mm. Tombol Back, Home, dan Menu terdapat di bagian depan ponsel. Namun sayangnya, tombol ini tidak otomatis menyala saat kunci layar ponsel dibuka, kita harus menyentuhnya lebih dulu.

Venge tidak menggunakan konsep desain unibody, sehingga bagian penutup baterainya bisa dilepas. Saat dilepas, Anda akan melihat dua slot kartu SIM (mini dan macro) dan slot micro SD.

Untuk sumber daya, Venge dibekali baterai 3.000mAh yang dilengkapi power management sehingga cukup untuk kebutuhan daya seharian penuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Layar

Untuk user interface (UI), Axioo menggunakan standar Google namun sudah dimodifikasi, namanya Axioo UI. Dengan bentang layar 5 inci yang disertai teknologi IPS beresolusi HD (1.280 x 720 piksel), tampilan layar Axioo Venge terlihat tajam dan nyaman dilihat meski di bawah sinar matahari.
Bermain game di Axioo Venge (Liputan6.com/Dewi Widya Ningrum)
Layar pada Venge telah menggunakan teknologi full lamination yang mengintegrasikan touch screen dengan kaca pelindung. Namun dibandingkan ponsel sekelasnya, Axioo Venge masih kalah dari beberapa ponsel China lain yang berani memberikan resolusi full HD hingga 1.920 x 1.080 piksel.

Yang menarik, pada Venge terdapat fitur Infrared Tech yang membuat Venge dapat dijadikan sebagai remote control untuk peralatan elektronik. Selain itu, ada fitur Smart Gesture yang secara otomatis dapat mengaktivasi fitur yang diinginkan.

Performa

Di sektor dapur pacu, Venge dipersenjatai prosesor MT6735P 64 bit quad-core 1.0 GHz, ARM Cortex-A53 dengan GPU Mali-T720 MP2 ditambah RAM 3GB LPDDR. Spesifikasi ini membuat performa Venge memiliki kinerja yang cukup mumpuni.
Benchmark Axioo Venge (Liputan6.com/Dewi Widya Ningrum)
Untuk menguji performa Venge, kami menggunakan aplikasi AnTuTu versi 5.7.5 dengan dukungan komputasi 64 bit. Dari hasil pengujian yang dilakukan sebanyak dua kali, Axioo Venge mendapatkan skor 20.732 poin dan 20.813.

Skor ini menempatkan Axioo Venge berada di bawah Asus Zenfone 5 yang memperoleh skor sekitar 23 ribu poin. Performa Venge ternyata masih kalah dari ZenFone 5, padahal spesifikasi Venge lebih tinggi dari ZenFone 5 yang hanya dibekali prosesor dual core dan RAM 2GB.
Benchmark Axioo Venge (Liputan6.com/Dewi Widya Ningrum)
Dukungan RAM yang lebih besar seharusnya mampu membuat smartphone berjalan lancar. Saat kami coba untuk memainkan game balap mobil "Need for Speed No Limit" dan Angry Birds Star Wars, game berjalan mulus. Untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus juga tidak ada masalah.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Kamera

Axioo Venge menggunakan modul kamera Sony agar mampu menangkap gambar dengan hasil baik. Kamera utama Venge memiliki resolusi 8 megapiksel (MP) dengan sensor BSI 2, sedangkan kamera depan berukuran 5MP.
Cangkang kamera Axioo Venge (Liputan6.com/Dewi Widya Ningrum)
Dari pengujian gambar yang kami lakukan di indoor, outdoor, dan di kondisi minim cahaya, hasil jepretan kamera Venge bisa dibilang standar saja, namun tidak jelek juga.
Hasil Kamera Axioo Venge di dalam ruangan (Liputan6.com/Dewi Widya Ningrum)
Kamera Venge cukup digunakan untuk kebutuhan foto harian. Terdapat beberapa pilihan mode untuk memotret, seperti Live Photo, Motion Track, Face Beauty, Multi Angle View, dan Panorama Mode.
Hasil Kamera Axioo Venge di luar ruangan (Liputan6.com/Dewi Widya Ningrum)

Hasil Kamera Axioo Venge di kondisi minim cahaya (Liputan6.com/Dewi Widya Ningrum)
Di sektor suara, speaker Axioo Venge kurang begitu asyik. Saat volume diset di level 50 persen, suaranya terdengar kecil sekali. Namun saat diset di level 100 persen, suara malah terdenger pecah.

Kesimpulan

Meski dibekali RAM 3GB, performa smartphone ini kurang terasa, mirip saat mengunakan smartphone dengan RAM 1GB. Speaker-nya juga kurang oke. Namun untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, ponsel ini cukup mumpuni. 

Selain itu Venge memiliki desain yang elegan dengan aksen warna emas yang membalutnya, serta material sandstone yang digunakan di back cover sehingga membuat ponsel ini nyaman digenggam. Untuk kamera standar, namun juga tidak jelek. Cukup untuk kebutuhan foto sehari-hari.

Spesifikasi dan harga Axioo Venge:

Dimensi: 141,5 x 70, 8,25 mm
Berat: 131 gram
Prosesor: MediaTek MT6735P quad-core 64 bit berkecepatan 1 GHz
GPU: Mali-T720
RAM: 3 GB, memori internal 16 GB, slot micro SD hingga 64 GB
Layar: IPS 5 inci beresolusi HD (1.280 x 720 piksel)
Kamera utama 8 MP dengan autofocus, kamera depan 5 MP
Baterai: 2.100 mAh
Sistem operasi: Android 5.1 Lollipop
Jaringan: Dual-SIM 4G
Harga: Rp 2.199.000

(Dew/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini