Sukses

Telkomsel Siaga Jelang Gerhana Matahari Total

Telkomsel memprediksi terjadi peningkatan trafik penggunaan layanan seluler, khususnya pada layanan data, selain layanan suara dan SMS.

Liputan6.com, Jakarta Peristiwa Gerhana Matahari Total yang bakal terjadi pada 9 Maret 2016 merupakan fenomena alam langka yang menarik perhatian. Antusiasme untuk melihat fenomena ini tak hanya datang dari warga Indonesia, tetapi juga wisatawan asing.

Operator telekomunikasi, Telkomsel memprediksi terjadi peningkatan trafik penggunaan layanan seluler, khususnya pada layanan data, selain layanan suara dan SMS.

"Dibanding hari normal, lalu lintas layanan data diprediksi melonjak cukup tinggi hingga lebih dari 200 persen di beberapa lokasi. Ini karena perilaku masyarakat yang senang menggunggah momen-momen penting ke social media dalam bentuk foto atau video lewat ponselnya," jelas Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi.

Menjelang peristiwa tersebut, dalam keterangannya Jumat (4/3/2016), pihaknya sudah melakukan beberapa persiapan guna memastikan layanannya aman.

Operator seluler terbesar di Indonesia itu melakukan penguatan jaringan di beberapa lokasi saat terjadinya peristiwa Gerhana Matahari Total ini, yang meliputi Palembang, Linggau, Bangka, Belitung, Balikpapan, Palangkaraya, Palu, Ternate, Tidore, Halmahera (Maba).

Selain memaksimalkan kapasitas BTS, Telkomsel juga akan menyiagakan 10 unit Compact Mobile Base Station (COMBAT) di titik-titik keramaian tempat berkumpulnya massa untuk melihat Gerhana Matahari Total.

Pengamanan jaringan juga dilakukan Telkomsel di hotel-hotel tempat wisatawan menginap. Total, sebanyak 229 BTS dioptimalisasi, yang tersebar di 37 PoI (Point of Interest) atau spot-spot utama yang akan dipadati oleh wisatawan.

Di beberapa lokasi, pelanggan sudah dapat menikmati layanan internet cepat Telkomsel 4G LTE, seperti di Palembang, Belitung, Balikpapan & Palu. Dengan begitu, pelanggan dapat menggunggah foto dan video dan berbagi momen istimewa peristiwa Gerhana Matahari Total secara real-time dan lebih cepat.

Gerhana Matahari Total diperkirakan akan melintasi 11 provinsi di Indonesia, antara lain Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka-Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.


**Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini 

(Dew/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.