Sukses

Malware Baru Bobol Setengah Miliar Handset Android

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan keamanan mobile Skycure melaporkan bahwa sebuah malware baru mampu membobol setengah miliar handset yang berjalan di sistem operasi Android. Malware ini menimbulkan risiko "accessibility clickjacking".

Accessibility clickjacking merupakan metode yang mengerjai pengguna smartphone untuk mengklik sesuatu yang tampaknya jinak, padahal benar-benar bisa membuka celah untuk hacker. 

Secara sederhana, clickjacking memungkinkan hacker untuk mencuri semua informasi sensitif berbasis teks, dan mengambil tindakan dengan menggunakan sistem operasi atau aplikasi yang tidak disetujui atau bahkan tidak diketahui oleh pemilik smartphone.

SMS pribadi dan pekerjaan akan terkena risiko bersama dengan e-mail pribadi dan pekerjaan, data dari aplikasi perpesanan, data sensitif pada aplikasi bisnis seperti perangkat lunak CRM, perangkat lunak otomatisasi pemasaran, dan banyak lagi.

Setelah aksesibilitas telah diaktifkan, hacker dapat mengubah hak akses level administrator dan bahkan memungkinkan administrator perangkat baru. Ini dapat memungkinkan hacker untuk menonaktifkan passcode atau bahkan mengeksekusi perangkat dari jauh. Demikian dikutip dari Phone Arena, Senin (7/3/2016)

(Why)

Artikel Selanjutnya
Solusi Bila Perangkat iOS Bila Terinfeksi Virus dan Malware
Artikel Selanjutnya
Mana yang Sering Terinfeksi Malware, Smartphone atau Komputer?