Sukses

[REVIEW] uWatch GPS Tracker, Jam Tangan Pemantau Anak

uWatch GPS Tracker bisa mendeteksi keberadaan anak Anda lewat koneksi GPS.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda adalah orangtua yang selalu khawatir dengan keamanan dan mempertanyakan keberadaan anak? Jika iya, mungkin sebuah jam tangan bernama uWatch GPS Tracker ini bisa jadi solusi untuk kekhawatiran Anda.

Produk uWatch Kids Tracker ini terkoneksi dengan GPS yang bisa diaktifkan dengan SIM card yang sudah tersedia dalam paket penjualan.

Untuk diketahui, tracker anak-anak ini bisa didapatkan di toko online Lazada Indonesia seharga Rp 1,1 jutaan. Penasaran dengan fitur-fitur dan cara penggunaannya? Berikut ulasan lengkapnya.

Desain dan Tampilan
Produk ini memiliki nama lengkap The Smart Tracker uWatch for Kids. Karena dikhususkan untuk anak-anak berusia tiga tahun ke atas, jam tangan ini memiliki ukuran kecil, tetapi masih dapat digunakan untuk remaja.
uWatch GPS Tracker (Liputan6.com/Iskandar)
Ada beberapa varian warna untuk produk wearable ini, yakni merah muda, hijau, dan biru muda. Adapun kali ini, tim Tekno Liputan6.com kebagian untuk mengulas produk berwarna merah muda.

Dari segi tampilan, jam tangan itu berbahan silicon rubber yang cocok untuk penggunaan santai, seperti ketika anak sedang main, jalan-jalan hingga pergi ke sekolah. Tak ubahnya jam tangan anak-anak lainnya, uWatch GPS Tracker dilengkapi pengait metal dan layar model persegi panjang.

Selain itu, pada bagian kepala jam dibalut kaca berwarna biru yang menunjukkan penampakan jam digital.

Di sisi atas dan bawah layar digital, terdapat tiga buah tanda jejak kaki anjing yang sepertinya ditujukan sebagai penanda bahwa produk itu untuk anak-anak.

Pada sisi kirinya, terdapat tiga tombol, yakni tombol power, serta tombol yang memiliki angka satu dan dua.
uWatch GPS Tracker (Liputan6.com/Iskandar)
Sedangkan pada sisi kanannya terdapat sebuah seal dengan simbol USB yang ketika dibuka terdapat soket untuk menghubungkan kabel USB. Sementara di sisi klep tersebut, ada sebuah tombol bertuliskan SOS.

Bagian belakang jam tangan ini ditutupi oleh lempeng metal yang ditutup dengan empat buah baut kecil yang jika dibuka ada ruang untuk tempat baterai, SIM card, dan sebuah kabel tipis sebagai penghubung baterai. 
uWatch GPS Tracker (Liputan6.com/Iskandar)
Di dalam kemasan kardus putih berbentuk kubus, selain unit jam, terdapat pula obeng serta dua buah baut kecil cadangan dan beberapa lembar kertas petunjuk penggunaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur

Fitur

uWatch GPS Tracker memiliki fungsi GPS dan komunikasi untuk memudahkan orangtua memantau lokasi keberadaan anak sekaligus untuk berkomunikasi dengan anak. Jam ini memiliki fitur voice monitoring yang dapat memantau suara di sekeliling anak tanpa diketahui.

Selain itu, fitur telepon yang ada dapat menghubungi dua nomor orangtua dan dapat menerima panggilan dari 13 nomor telepon yang sudah didaftarkan. Sedangkan fitur GPS & LBS untuk menentukan lokasi si anak, baik di dalam maupun luar ruangan.
uWatch GPS Tracker (Liputan6.com/Iskandar)
Fitur SOS mungkinkan anak melakukan panggilan SOS ke tiga nomor yang sudah didaftarkan. Fitur SMS alert untuk mem-back up pemberitahuan SOS atau menginformasikan jika baterai low.

Selain itu, terdapat pula fitur geofence yang memungkinkan orangtua membuat pagar virtual sehingga jika sang anak keluar dari area pagar yang sudah ditetapkan, jam akan mengirimkan notifikasi.

Ada pula fitur intercom/walkie talkie yang dapat mengirimkan suara ke orangtua maupun sebaliknya. Serta fitur pedometer untuk merekam pergerakan tangan sang anak sehingga orangtua bisa memantau seberapa aktif si anak.

Tidak hanya itu, jam ini dilengkapi dengan phonebook yang dapat menyimpan nama dan nomor telepon orang lain yang dapat melakukan panggilan dari dan ke jam uWatch Kids tersebut.

3 dari 3 halaman

Penggunaan dan kesimpulan

Penggunaan

Guna memaksimalkan fungsi jam tangan ini, diperlukan kartu SIM mikro GSM berjaringan 2G untuk mengunggah data lokasi jam ke internet server dan untuk kebutuhan pengaturan, telepon, dan intercom.

Selain itu, sebelum memakaikan jam tangan ini kepada anak, orangtua harus menghubungkan perangkat jam dengan sebuah aplikasi bernama SeTracker pada perangkat Android maupun iOS.

Untuk mengunduhnya, orangtua terlebih dahulu harus memindai QR code pada kertas petunjuk instalasi. Aplikasi `mentahan` dalam bentuk file APK (SeTracker) kemudian diinstal secara manual pada perangkat ponsel.

Buka aplikasi SeTracker kemudian klik "Register" pada halaman log in, kemudian isi nomor ID jam uWatch (sepuluh digit angka yang terdapat pada cover belakang jam).
uWatch GPS Tracker (Liputan6.com/Iskandar)
Selanjutnya, buat akun dengan username yang Anda pilih untuk log in ke aplikasi, isi nickname, isi P_number dengan nomor telepon orangtua, isi password untuk log in ke aplikasi, ketik ulang password, dan klik OK. Selanjutnya, log in dengan nama akun dan password yang telah Anda buat.

Langkah selanjutnya, `Setting` klik Language and time zone. Pilih English dan East: GMT+7:00. Kemudian pilih OK. Lalu, klik 'Sos/the family number' dengan tiga nomor telepon ponsel orangtua yang bisa dihubungi ketika tombol SOS ditekan.

Kemudian, klik 'Contact' dan masukkan 10 nomor HP tambahan yang dapat melakukan panggilan masuk ke uWatch.

Pengaturan berikutnya, klik 'SMS alert setting' untuk mengaktifkan alarm notifikasi via SMS untuk kondisi baterai kurang dari 20 persen, pengingat SOS, dan take-off watch. 

Selanjutnya, klik 'Work mode' untuk memilih interval jam melakukan pengecekan satelit GPS. Terakhir, klik 'Remote Shutdown' untuk mematikan jam.

Kesimpulan

Kelebihan
- Desain cocok untuk anak-anak
- Bisa menerima telepon untuk berbagai keadaan
- Bobot jam cukup ringan
- Memiliki fitur yang cukup lengkap untuk sebuah tracker

Kekurangan
- Untuk harga Rp 1 jutaan, tampilan jam tidak sesuai dengan harganya
- Baut pengait terlalu kecil sehingga rentan hilang
- Pilihan warna kurang variatif untuk anak-anak
- Aplikasi yang terkoneksi belum tersedia di Google PlayStore dan Apple Store sehingga agak menyulitkan pengguna
- Kabel penghubung baterai dan jam terlalu tipis sehingga riskan putus

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.