Sukses

Google Doodle Rayakan Hari Perempuan Internasional

Hari Perempuan Internasional yang diperingati 8 Maret 2016 dijadikan Google Doodle hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti biasanya, hampir tiap hari mesin pencari Google selalu menampilkan doodle untuk memperingati sesuatu, tak terkecuali hari ini, Selasa (8/3/2016). Ya, Google menampilkan perayaan Hari Perempuan Internasional yang diperingati oleh seluruh perempuan di dunia pada hari ini.

Kali ini Google Doodle menyajikan grafis perempuan dalam berbagai rupa. Ada yang mengenakan hijab, berambut panjang, berkonde, berambut keriting, hingga anak perempuan dengan berbagai hal yang dipikirkannya.

Kemudian, pada huruf O kedua di kata Google, terdapat sebuah video yang jika diklik akan menampilkan perempuan-perempuan di berbagai belahan dunia mengampanyekan #OneDayIWill. Tersebar dari Indonesia, Tiongkok, Mesir, Perancis, Thailand, Korea Selatan, Inggris dan berbagai negara lainnya, mereka mengungkapkan keinginan dan harapannya.

Mengutip laman Telegraph, Selasa (8/3/2016), Google dikatakan mengunjungi 13 negara dan berbicara dengan 337 perempuan di dunia untuk membuat video tersebut. Melalui video ini, perusahaan yang bermarkas di Mountain View, California ini ingin memberikan hak kepada para perempuan yang selama ini dianggap tidak dapat menyuarakan haknya.

Meski tidak ada kepastian kapan diperingati di seluruh dunia, Hari Perempuan Internasional diperkirakan mulai dirayakan sejak 1908 ketika 15.000 perempuan melakukan long march ke New York. Saat itu, mereka meminta hak untuk memilih, gaji lebih baik, dan jam kerja lebih singkat.

Selanjutnya Hari Perempuan Internasional pertama disebut-sebut diperingati pada 1911. Dengan demikian, tahun ini merupakan peringatan Hari Perempuan Internasional ke-105. Setiap tahunnya, peringatan Hari Perempuan Internasional selalu menampilkan tema berbeda dan pada tahun ini temanya adalah "Planet 50-50 by 2030: Step It Up For Gender Equality".

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini