Sukses

Bos Norton Beberkan Tips Agar Tetap Aman di Dunia Maya

Direktur Norton Consumer and Small Business Kawasan Asia Choon Hoon Chee mengungkapkan tips untuk menjaga keamanan di dunia maya.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda seorang pengguna internet aktif? Jika iya, sebaiknya Anda benar-benar menjaga keamanan Anda selama beraktivitas di internet atau dunia maya.

Direktur Norton Consumer and Small Business Kawasan Asia Choon Hoon Chee membeberkan beberapa tips untuk menjaga keamanan saat berselancar di dunia maya.

"Pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih password unik, cerdas, dan aman untuk setiap akun online yang Anda miliki. Jangan asal membuat password seperti 1234 atau tanggal lahir karena itu mudah ditebak oleh orang lain," ujar Chee saat dijumpai di Jakarta usai mempresentasikan hasil survei Norton Cybersecurity Insight Reports, Selasa (8/2/2016). 

Selanjutnya, berhati-hatilah dengan berbagai tautan (link) yang dikirimkan oleh pengirim yang tidak dikenal. Menurutnya, pengguna internet harus jeli menanggapi e-mail yang datang dari orang lain. Sekiranya pengirim e-mail itu tidak dikenal, lebih baik Anda mengabaikan tautan tersebut.
Direktur Norton Consumer and Small Business Kawasan Asia Choon Hoon Chee usai presentasi mengenai hasil survei Norton di Jakarta, Selasa (8/3/2016). (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)
Chee juga berpesan agar pengguna internet tidak memercayai tawaran yang terlalu menarik pada situs media sosial. "Kita sering kali mendapatkan tawaran menggiurkan yang terkesan tidak logis. Saya pribadi cenderung lebih senang mendiamkannya," ujarnya.

Selanjutnya, ia mengingatkan mereka yang aktif di internet untuk selalu memantau akun rekening keuangan, jika ada aktivitas tidak wajar. Ketika ada aktivitas yang tidak pernah dilakukan, sebaiknya langsung laporkan. Sebab biasanya penjahat siber melakukan tes transaksi dalam jumlah kecil sebelum mencoba menguras rekening pemiliknya.

"Kemudian, jangan tunda untuk memasang software keamanan dan memperbaruinya secara teratur," ujarnya memberikan imbauan.

Tidak hanya itu, ia pun mengingatkan untuk selalu melakukan back up terhadap file atau data secara teratur agar penjahat siber tak punya kesempatan menggunakan data tersebut sebagai tembusan. Jangan lupa, laporkan kepada polisi siber, jika Anda menjadi korban kejahatan online.

Satu hal lagi, ia sangat tidak merekomendasikan pengguna internet untuk saling berbagi password dengan orang lain. "Kejahatan siber memang marak terjadi, karenanya kita harus menjadi orang yang selalu waspada dan menjaga keamanan online," tuturnya.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini