Sukses

5 Cara Memperpanjang Daya Baterai Smartphone

Daya baterai smartphone cepat habis? Coba ikuti 5 cara memperpanjang daya baterai smartphone berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Daya baterai cepat habis adalah salah satu masalah yang cukup sering dialami para pengguna smartphone.

Hal ini wajar saja mengingat selain untuk menghidupkan smartphone, daya baterai juga terserap oleh sebagian aplikasi yang berjalan di background, widget, atau bahkan layar yang terlalu terang.

Kini Anda tak perlu khawatir lagi smartphone Anda tiba-tiba mati karena kehabisan baterai atau lupa membawa power bank. Berikut ini 5 cara memperpanjang daya baterai smartphone, yang Tekno Liputan6.com himpun dari Life Hack, Jumat (11/3/2016).

1. Mengatur Kecerahan Layar
Jangan atur kecerahan layar hingga mencapai kecerahan maksimum. Hal ini tanpa disadari akan menguras daya baterai smartphone. Atur kecerahan layar seperlunya.

Jika smartphone Anda dilengkapi oleh sensor cahaya, biasanya ada fitur auto brightness (kecerahan otomatis). Jadi kecerahan layar akan menyesuaikan dengan cahaya di sekitarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Mempersingkat Timeout Layar
Ketika Anda menggenggam smartphone Anda--untuk mengetik e-mail, membalas pesan di WhatsApp, dan sebagainya--tentu saja layar smartphone perlu tetap menyala. Namun begitu Anda selesai dan meletakkannya, layar smartphone Anda kadang masih saja menyala. Nah, tak ada salahnya bila Anda menyetel timeout layar ke waktu minimum.

3. Mematikan cek e-mail Otomatis
Salah satu fitur menarik di smartphone adalah push-mail. Dengan fitur ini, smartphone akan secara otomatis menerima setiap e-mail yang masuk. Pertanyaannya adalah, apakah setiap orang perlu fitur ini? Jawabannya, tidak.

Karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mematikan push-mail dan mengecek e-mail secara manual. Alternatif lainnya, Anda dapat menyetel push-mail dengan interval tertentu, misalnya per 30 menit, 60 menit, atau 90 menit.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Mematikan Vibrasi (getar)
Sebagian di antara Anda mungkin suka menyetel smartphone di profil getar, utamanya ketika sedang berada di situasi penting seperti di sebuah rapat. Kali ini, sebaiknya Anda memikirkannya kembali karena getar ternyata memakan lebih banyak daya baterai ketimbang sebuah ringtone.

5. Menyingkirkan Widget
Memasang widget memang kelihatan keren. Tapi coba pikir sejenak, apa Anda betul-betul memerlukan widget tersebut? Jika tidak, lebih baik Anda menyingkirkannya, terutama widget yang harus selalu terhubung ke internet seperti widget informasi cuaca.

Lebih parahnya, bila Anda memasang beberapa widget yang terus-menerus memperbarui informasinya melalui koneksi internet, mereka memakan banyak daya baterai.

(Why/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini