Sukses

Ini Efek Buruk Smartphone ke Otak dan Tubuh Anda

Penggunaan smartphone bisa merusak mood, mengganggu kesehatan hingga ancaman kematian.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak diragukan lagi bahwa smartphone merupakan gadget praktis yang mudah dibawa kemana-mana. Selain mendapatkan fungsi mempermudah pekerjaan, terdapat suatu kebanggaan pula bila bisa memiliki smartphone jenis terbaru.

Gadget ini benar-benar telah mengubah gaya hidup manusia. Karenanya, kita sangat menikmati kebebasan dalam menjaga kedekatan kita dengan orang lain dimana pun.

 



Akan tetapi, seiring berkembangnya teknologi, kesehatan juga berpengaruh terhadapnya. Melansir dari Lifehack, Jumat (11/3/2016) berikut adalah fakta yang perlu Anda waspadai mengenai smartphone Anda.

Mempengaruhi kesehatan psikologis Anda:

1. Interaksi sosial Anda

Penggunaan smartphone dapat dengan efektif membunuh mood dan kenyamanan hati Anda, terutama jika Anda berada di dalam dalam percakapan grup. Hal tersebut bisa menyita perhatian Anda daripada lingkungan sekitar Anda.

Jelas hal ini mengurangi kemampuan kognitif dalam bersosialisasi dengan orang lain dan bisa membuat Anda jadi pribadi yang tertutup.

2. Menurunkan daya ingat

Smartphone merupakan salah satu alat untuk mengabadikan momen-momen berharga di dalam hidup Anda. Pada porsi yang sama, alat tersebut menurunkan daya ingat Anda.

Hal ini dikarenakan para pengguna smartphone terlalu menggantungkan kebutuhannya pada gadget sehingga tidak berusaha untuk melakukan segala sesuatunya sendiri. Termasuk mengingat sesuatu hal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penalaran induktif


3. Melemahkan penalaran induktif Anda

Dengan sekali klik, maka Anda mampu mencari hal yang tidak Anda ketahui dengan Google. Akan tetapi ketergantungan terhadap hal tersebut menjadi boomerang bagi Anda.

Gordon Pennycook, Seorang Psikologi Kognitif dari University of Waterloo, mengungkapkan ketergantungan pada internet telah menurunkan kecerdasan mental dan kemampuan untuk memecahkan masalah.

Efek ke kesehatan fisik Anda

1. Ketergantungan smartphone menambah berat badan

Smartphone memungkinkan Anda mengakses film, permainan, maupun aplikasi media sosial apapun. Dengan layar kecil tersebut, Anda dapat melakukan apapun yang Anda inginkan. Ini akan mengurangi aktivitas fisik, sehingga akan menyebabkan obesitas maupun penyakit kronis.

2. Smartphone mengganggu pola tidur

Cahaya biru yang dipancarkan dari perangkat elektronik dapat mengganggu produksi hormon melatonin Anda. Hormon-hormon ini berfungsi untuk mengatur pola tidur Anda.

3. Smartphone bisa berujung pada kecelakaan

Jika Anda kurang aktif, otot-otot dalam tubuh Anda akan melemah bersama dengan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh . Hal ini pada akhirnya membuat Anda rentan terhadap cedera fisik.

Anda sering mendengar tentang kecelakaan yang disebabkan oleh mengemudi sambil melakukan SMS, tetapi apakah Anda sadar bahwa Anda juga bisa kecelakaan ketika berjalan sambil melakukan SMS?

3 dari 3 halaman

Jauhi smartphone

Cara menjauhi smartphone Anda

1. Nikmati kegiatan di luar ruangan

Keluarlah dan nikmati keindahan alam. Anda bisa melakukan olahraga atau jalan-jalan kecil. Ajak temanmu dan lakukan sesuatu yang menyenangkan.

2. Membaca

Daripada membaca lewat smartphone, cobalah untuk membaca buku yang asli. Anda tidak harus membelinya, karena Anda tinggal berjalan ke perpustakaan terdekat.

3. Cobalah menulis

Gaya lama ini dapat menuangkan imajinasi Anda ke dalam bentuk tulisan. Cobalah menulis hal-hal yang terjadi atau apapun yang ingin Anda tulis.

4. Lakukan hobi

Anda bisa memulai dengan memasak, melukis, ataupun bermain musik. Lakukan apapun yang Anda sukai dan mulailah jadi dirimusendiri.

5. Bermain dengan hewan peliharaan

Ada alasan mengapa anjing disebut sebagai sahabat terbaik manusia. Mereka mampu untuk menemani Anda, begitupun hewan peliharaan lainnya. (Shabrina Aulia Rahmah/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.