Sukses

3 Situs Ini Ubah Ponsel dan Elektronik Bekas Jadi Uang

Berikut ini tiga situs yang dapat mengubah gadget lama Anda menjadi uang.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda termasuk orang yang membuang barang elektronik lama ketika mendapatkan yang baru? Bila benar demikian, segera hentikan kebiasaan tersebut.

Tidak hanya akan menambah volume sampah di bumi, Anda juga menghilangkan kesempatan untuk mendapatkan uang tambahan.

Anda menghabiskan banyak uang untuk barang tersebut, lalu kenapa Anda tidak sedikit mendapatkan kembali uang Anda dibandingkan membuang barang yang tidak lagi berguna?

Anda dapat menjual kembali barang elektronik dan ponsel lama Anda untuk mendapatkan uang tambahan. Dan faktanya, banyak orang yang menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan, dengan cara membeli barang elektronik lama berharga murah, kemudian menjual kembali secara online.

Jika Anda tertarik, berikut tiga situs yang dapat mengubah gadget lama Anda menjadi uang:

1. Gadget Salvation

Ketika orang ingin menyingkirkan ponsel lama dan barang elektronik lainnya, mereka menuju ke Gadget Salvation.

Anda bisa menjual iPhone dan banyak barang lainnya, lalu mendapatkan uang tambahan. Yang harus Anda lakukan hanyalah masuk ke situsnya, lalu pilih barang yang ingin Anda jual pada menu.

Anda diharuskan untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang kondisi barang dan lainnya. Setelah itu Anda akan mendapat label pengiriman gratis yang bisa Anda cetak sendiri untuk ditempel di barang Anda lalu dikirim melalui kantor UPS terdekat.

Ketika barang sudah sampai, Anda akan menerima bayaran sesuai perjanjian awal, baik dengan PayPal atau cek.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. eBay

Sebuah opsi lain buat Anda yang ingin menjual alat elektronik adalah eBay. Selain itu Anda dapat menjual barang lain di sini selama masih dalam batas kewajaran.

Kekurangan dari eBay sendiri adalah Anda tidak akan menerima uang sampai barang Anda benar-benar terjual dan untuk itu butuh waktu mingguan bahkan bulanan.

Tapi jangan sampa hal ini membuat Anda patah semangat. Jika barang yang Anda jual cukup populer, Anda dapat menjualnya secara cepat. Ada semacam potongan untuk tiap barang yang Anda jual dan sisanya adalah keuntungan Anda.

Cara ini adalah yang paling aman karena Anda dilindungi oleh eBay. Dan juga Anda tidak perlu bertemu langsung dengan pembeli sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kemungkinan kejahatan yang bisa saja terjadi.

3. Craiglist

Banyak orang juga menggunakan Craigslist ketika mereka ingin menjual barnag mereka saat sudah tidak dibutuhkan. Cara ini diklaim paling baik untuk menjual barang Anda secara lokal. Anda hanya perlu menaruh iklan, lengkap dengan detail kontak Anda.

Di sini Anda dapat menjual banyak hal, termasuk iPhone lama dan barang elektronik lainnya. Craiglist sepenuhnya gratis dan tidak perlu banyak syarat, di mana Anda hanya harus mempunyai kontak lengkap agar si pembeli bisa menghubungi Anda.

Mungkin banyak beredar gosip di luar tentang ketidakamanan bertemu pembeli yang tidak dikenal secara langsung.

Cara mengatasi kemungkinan terjadi tindak kriminal adalah Anda bisa mengatur waktu pertemuan di siang hari dan tempat ramai, dan ajak rekan Anda jika memang Anda tidak yakin.

(Tia Asmara/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini