Sukses

5 Penemuan Paling Menakjubkan Abad Ini

Liputan6.com, Jakarta - Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, maka banyak sekali hal-hal yang diciptakan demi mempermudah kehidupan manusia.

Teknologi merupakan bukti nyata dari keberadaan para ilmuan yang berusaha untuk memperbaiki dunia.

Dilansir dari inc.com, Selasa (15/3/2016), berikut adalah ulasannya:

1. Ponsel

Lepas dari manfaatnya yang baik ataupun buruk, kita tidak bisa menutup mata bahwa perangkat mobile tersebut menjadi temuan yang sangat luar biasa, terutama dalam membangun komunikasi instan.

Padahal, 10 sampai 15 tahun yang lalu ponsel masih merupakan benda yang sangat asing, dan kemudian kemunculannya mengubah sejarah umat manusia.

2. Tes DNA

Kemampuan kita untuk membaca dan menulis genom (kumpulan gen) telah memberi kita pemahaman yang lebih dalam tentang identitas biologis manusia dan menyebabkan terobosan di bidang kesehatan.

Freeman mengatakan, sekarang manusia bisa lebih proaktif mengenai penyakit dengan berusaha mencegahnya. Dia menambahkan, penemuan ini juga bermanfaat besar untuk penegakan hukum dan sistem hukum.

Tidak hanya membantu memecahkan kejahatan dan menangkap penjahat terpidana, tetapi juga membebaskan orang yang tidak bersalah dari penjara, seperti yang terjadi 337 kali di Amerika Serikat (AS) sejak tahun 1989 berkat hasil pengujian DNA.

1 dari 2 halaman

3D printing

3. 3D printing

Esther mengatakan, proses ini dikenal sebagai manufaktur aditif yang masih dalam tahap awal, dan kelak, akan memiliki dampak yang sangat besar. Dengan penemuan ini, maka manusia dapat memproduksi hal-hal yang sudah lama atau kuno. Alat dan peralatan apapun dapat dibuat tanpa perlu bahan khusus dari beberapa pemasok.

4. Aplikasi startup

Kini banyak aplikasi terbaru yang tumbuh dari kebutuhan masyarakat. Dengan adanya aplikasi tersebut, para konsumen bisa memenuhi kebutuhannya terhadap sesuatu, kapan pun dan dimana pun.

Esther mengatakan Uber sebagai salah satu perusahaan yang mengubah segalanya menjadi lebih mudah. Walaupun bukan sebuah mesin, namun penemuan terhadap pengunaan aplikasi tersebut yang dirasa sangat mengesankan.

5. Hutan rekayasa genetika

Para ilmuwan telah memanipulasi genetik pohon sejak 1980-an, namun kemajuan terhambat karena masalah birokrasi.

Namun Freeman memprediksikan, suatu hari seluruh hutan dengan pohon biologis akan mewabah di seluruh dunia. Beberapa pohon akan memiliki DNA yang bisa dimodifikasi agar lebih efisien. Pohon-pohon ini akan menjaga rantai makanan di masa depan, terutama bagi hewan.

Freeman menambahkan, pohon-pohon juga bisa disuntik dengan bahan bakar karbon untuk mempercepat proses karbondioksida menjadi oksigen, yang dapat mengurangi dampak pemanasan global. (Shabrina Aulia Rahmah/Ndw)