Sukses

Indosat dan XL Berbagi Jaringan, Telkomsel Tegaskan Tak Mau

Alasannya, Telkomsel mengaku bahwa seluruh jaringan dan frekuensinya telah terpakai penuh untuk melayani seluruh pelanggannya.

Liputan6.com, Jakarta - Jika operator seluler Indosat Ooredoo dan XL Axiata saling berbagi jaringan (network sharing) demi efisiensi, operator seluler Telkomsel justru tidak berniat untuk menerapkannya.

Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi menegaskan saat ini jaringan Telkomsel sudah terutilisasi penuh, sehingga tidak mungkin bagi anak usaha Telkom itu untuk melakukan network sharing.

"Dengan yang sekarang ini, sudah penuh. Network sharing bisa dilakukan jika (jaringan) masih bisa dibagi. Tentunya tanpa mengorbankan pengalaman pelanggan dalam menikmati layanan kami," kata Sukardi di Jakarta (15/3/2016). 

Sukardi menjelaskan Telkomsel akan melakukan network sharing jika okupansi frekuensi masih rendah. Saat ini, kata Sukardi, pengguna Telkomsel lebih dari 150 juta di seluruh Indonesia dengan pengguna data sebanyak 70 juta pelanggan.

"Setiap tahun pertumbuhan data mencapai 100 persen. Karenanya, okupansi kita benar-benar kritis. Bahkan kami butuh tambahan frekuensi agar dapat menampung penggunaan data," katanya.

Merujuk pada kondisi inilah, Sukardi menyebut bahwa network sharing bagi Telkomsel justru akan mengorbankan pelanggan.

"Kalau Telkomsel melakukan network sharing tidak akan ada efisiensi karena traffic-nya sudah luar biasa padat," tuturnya. 

(Tin/Cas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini