Sukses

Terkuak, Ini Harga Pabrikan Samsung Galaxy S7

Ponsel Samsung Galaxy S7 yang dibanderol Rp 9 hingga 10 jutaan di pasaran rupanya memiliki harga produksi yang jauh lebih rendah.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak tahu smartphone terbaru Samsung, Galaxy S7? Dibanderol dengan harga Rp 9 jutaan untuk Galaxy S7 dan Rp 10,5 jutaan untuk Galaxy S7 Edge, tahukah Anda berapa harga pabrikan ponsel flagship tersebut?

Mengutip laman Android Authority, Rabu (16/3/2016), rupanya komponen-komponen yang digunakan dalam Samsung Galaxy S7 jika ditotal bernilai US$ 255 atau sekitar Rp 3,3 jutaan.

Hal ini diketahui berdasarkan riset yang dilakukan tim IHS yang baru-baru ini membuka dan melihat jeroan di dalam ponsel yang melenggang 21 Februari lalu.

Selain membongkar smartphone tersebut, IHS juga membuat daftar apa saja komponen di dalamnya. Meski begitu, Anda tidak perlu sayang untuk menghabiskan Rp 9 jutaan untuk ponsel ini.

Pertimbangkan bagaimana sulitnya mendapatkan komponen-komponen itu serta merakitnya sendiri menjadi Galaxy S7.

Riset tersebut mengungkapkan bahwa biaya produksi Galaxy S7 ini setara dengan biaya produksi ponsel pendahulunya, Galaxy S5, dua tahun silam. IHS menggambarkan, dari segi desain, Galaxy S7 kurang lebih sama dengan pendahulunya.

Hanya saja, diperbarui dengan sedikit perubahan agar tetap dapat bersaing dengan perangkat lainnya.

Salah satu komponen yang diubah dari Galaxy S6, sekaligus yang paling mahal adalah chipset Snapdragon 820 dari Qualcomm. Chipset ini dibanderol dengan harga US$ 62 atau sama dengan Rp 800 ribuan. Asumsinya, komponen ini bernilai 25 persen dari keseluruhan harga produksinya.Inilah perbandingan chipset Snapdragon 810 dan 820 dari Qualcomm (Sumber: Android Authority).

Keputusan lain yang cukup mengejutkan adalah perusahaan justru menurunkan ukuran resolusi kamera belakang pada Galaxy S7. Sebelumnya, Samsung Galaxy S6 memiliki kamera belakang beresolusi 16 megapiksel (MP). Sedangkan Galaxy S7 dibekali kamera beresolusi 12MP.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjelasan Samsung

Penjelasan Samsung

Samsung punya penjelasan sendiri untuk hal itu. Tampaknya bagi raksasa teknologi asal Korea Selatan ini, ukuran megapiksel bukanlah segalanya. Sebab, Samsung menggunakan sebuah teknologi dual pixel terbaru untuk Galaxy S7.

Untuk diketahui, saat ini teknologi tersebut baru diaplikasikan pada ponsel yang diluncurkan di ajang Mobile World Congress 2016 di Barcelona itu.

Adapun kegunaan teknologi dual pixel adalah untuk memperbaiki fitur autofokus, tingkat ketajaman saat cahaya rendah, serta kualitas gambar secara keseluruhan. IHS menyebutkan, Galaxy S7 merupakan ponsel dengan kamera terbaik di pasaran.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.