Sukses

Sprint Uji Agregasi Tiga Kanal di LTE, Galaxy S7 Tembus 300Mbps

Kecepatan download tertinggi dengan perangkat Samsung Galaxy S7 selama uji agregasi tiga kanal di jaringan LTE mencapai 300Mbps.

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler Sprint baru saja mengumumkan bahwa selama melakukan uji agregasi tiga kanal di jaringan LTE, kecepatan download tertinggi yang berhasil ditembus adalah 300Mbps. Pengujian ini menggunakan perangkat Samsung Galaxy S7.

Untuk diketahui, Samsung Galaxy S7 merupakan salah satu handset pertama di pasaran yang telah mendukung agregasi tiga kanal Sprint.

Saat ini Sprint menerapkan agregasi dua kanal dalam layanan LTE Plus yang tersedia di lebih dari 150 pasar. Sementara dua kanal agregasi mendukung kecepatan download 100Mbps, agregasi tiga kanal dapat mencapai kecepatan download 200Mbps.

Agregasi tiga kanal memungkinkan lebih banyak lalu lintas (traffic) untuk beroperasi melalui kanal yang lebih luas dan pada kecepatan yang lebih cepat.

Anggap saja, itu merupakan sebuah jalan yang telah memiliki jalur yang diperlebar, sehingga memungkinkan lebih banyak mobil melaluinya.

Nantinya agregasi tiga kanal tersebut benar-benar akan diterapkan di jaringan LTE Plus Sprint. Sementara agregasi dua kanal menggunakan spektrum 40MHz di 2.5GHz, agregasi tiga kanal menggunakan spektrum 60MHz yang juga di 2.5GHz.

Sprint, yang dikalahkan oleh T-Mobile tahun lalu dan sekarang merupakan operator seluler keempat terbesar di Amerika Serikat, memiliki spektrum 160MHz di 2.5GHz di 100 pasar.

Di samping itu, Sprint diketahui tengah berkutat dengan kegiatannya di laboratoriumnya di Reston, Virginia, untuk terus menguji seberapa cepat Samsung Galaxy S7 bisa "berlari" di agregasi tiga kanal. Selain Samsung Galaxy S7, Sprint juga akan menguji handset lainnya. Demikian dikutip dari Phone Arena, Kamis (17/3/2016).

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini