Sukses

Lakukan 4 Langkah Ini Ketika Ponsel Anda Dicuri

Liputan6.com, Jakarta - Kehilangan ponsel merupakan pengalaman yang sangat menyebalkan. Selain kesal karena kehilangan ponsel, pasti Anda juga akan merasa malu karena data-data pribadi akan bisa dilihat pencuri, termasuk koleksi foto.

Namun tenang, iPhone maupun Android sudah memiliki fitur untuk mengamankan ponsel Anda.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak menyenangkan, berikut adalah kiat-kiat yang harus Anda ketahui ketika ponsel Anda dicuri.

Dilansir dari YahooNews, Sabtu (19/3/2016), baik Android maupun iPhone memiliki cara masing-masing untuk mengamankan data di dalamnya.

Untuk iPhone

iPhone dilengkapi dengan fitur iCloud agar Anda dapat mengunci ponsel tersebut dari kejauhan. Hal tersebut akan menghalangi pencuri untuk mengakses data-data pribadi Anda. Namun, pastikan Anda sudah melakukan registrasi di iCloud.

Selain itu, fitur Find My iPhone juga hanya berlaku bila Anda sudah melakukan log in pada iCloud. Gunakan ID dan Password Apple Anda, lalu klik ‘Find My iPhone, dan pilih iPhone Anda yang dicuri.

Kemudian dari situ Anda bisa mengunci ponsel, bahkan membuang seluruh data di dalamnya.

Bukan berarti dengan fitur Find My iPhone, Anda bisa menemukan iPhone Anda, serahkan hal tersebut kepada pihak berwajib.

Untuk android

Pemilik smartphone Android dapat menggunakan Google’s Android Device Manager untuk mencari, mengunci, dan menghapus perangkat mereka. Untuk menggunakan situs ini, Anda harus menautkan akun Google Anda dengan ponsel.

Jika awalnya ponsel Anda sudah menggunakan akun Google, maka mudah bagi Anda untuk menggunakan Android Device Manager.

Jika tidak, Anda dapat menghubungkan ponsel Android Anda dengan akun untuk mengaktifkan Google Now.

Jika Anda mengunjungi Google.com dari PC Anda dan ketik smartphone hilang atau smartphone dicuri ke dalam kotak pencarian, hasil pencarian Anda secara otomatis akan mencakup peta, sehingga sistem akan mulai mencari ponsel Anda.

Sama dengan iPhone, jangan pernah mencoba untuk mencari pencuri ponsel Anda karena hal itu hanya akan mempersulit Anda. Hubungi polisi dan biarkan mereka yang menangani situasi.

Telepon operator 

Setelah dicuri dan mengusahakan agar data Anda tidak disalahgunakan, Anda tidak bisa berbuat banyak selain menyerahkannya kepada polisi.

Untuk mencegah hal-hal lain yang tidak Anda inginkan, sebaiknya hubungi operator ponsel Anda. Pastikan agar nomor Anda diblokir supaya terhindar dari transaksi-transaksi di luar keinginan kita.

Tindakan pencegahan berikutnya

Kehilangan ponsel memang merupakan hal yang menyebalkan, apalagi hidup tanpa ponsel. Dengan begitu, pasti Anda akan membeli ponsel baru. Bila hal tersebut terjadi, maka ingatlah untuk selalu melakukan simpanan cadangan data ponsel Anda.

Jangan lupa untuk memasang password maupun pengaman di ponsel Anda. Selain itu, untuk pencegahan lebih baik, jangan lepaskan pengawasan pada ponsel Anda.

(Shabrina Aulia Rahmah/Isk)