Sukses

Kardia Band, Apple Watch Buat Alat Sekelas Elektrokardiogram

Liputan6.com, Jakarta - Apple Watch memiliki aplikasi bawaan berupa monitor denyut jantung. Tetapi justru beberapa orang membutuhkan elektrokardiogram kelas medis, standar utama untuk pemantauan detak jantung.

AliveCor, merupakan perusahaan yang dikepalai oleh mantan eksekutif Google, Vic Gundrota. Perusahaan tersebut membuat alat EKG yang dapat digunakan pada Apple Watch. Dinamakan Kardia Band, alat ini bukanlah mainan ataupun pelengkap fitness. Kardia Band adalah alat medis yang telah diakui oleh Food and Drug Administration (FDA).

Dilansir dari recode.net, Senin (21/3/2016), AliveCor menjelaskan bahwa pengguna Kardia Band dapat merekam ritme jantungnya dalam 30 detik dengan menyentuh sensor yang terintegrasi.

Jika alat tersebut mendeteksi resiko stroke, pengguna dapat mengirimkan pesan pada dokter melalui aplikasi terkait yang berjalan pada iPhone. Fitur dimana Kardia Band dapat menghubungi dokter, dimaksudkan bahwa alat ini memang benar-benar alat medis, bukanlah untuk aksesoris.

Meskipun FDA belum memberikan harga pasti Kardia Band, produk AliveCor yang serupa pada iPhone saat ini dijual seharga US $ 99 atau setara dengan Rp 1.28 juta (estimasi kurs 12.987 per dollar AS). Namun pemerintah telah menyetujui algoritma untuk menganalisis data EKG dari band tersebut.

Musim gugur yang lalu, 9to5Mac melaporkan Kardia Band diperkirakan akan dijual dengan harga Rp 2,5 jutaan. Tetapi AliveCor sendiri mengatakan bahwa Kardia Band akan mulai dijual pada akhir musim semi.

(Shabrina Aulia Rahmah/Ysl)