Sukses

Tak Disangka, Konsep Awal YouTube Adalah Situs Kencan Video

Liputan6.com, Jakarta - Youtube merupakan website yang pertama kali diingat seseorang ketika ingin mencari video musik, tutorial make-up, atau bahkan review suatu produk. Tahun 2016, YouTube semakin populer dan memiliki banyak penonton online.

Tetapi, terdapat fakta mengejutkan bahwa ternyata, YouTube dibuat dengan konsep awal sebagai situs kencan.

Dilansir The Guardian, Sabtu (19/3/2016), saat diluncurkan pada 2005, Co-founder YouTube Steve Chen mengatakan bahwa situs tersebut didesain agar orang-orang dapat meng-upload video mereka, membicarakan mengenai pasangan impian mereka.

“Kami pikir, situs kencan merupakan pilihan terbaik saat memikirkan video apa yang cocok untuk website tersebut”, ungkap Chen.

Tahun lalu, Co-founder YouTube lainnya, Jawed Karim juga membicarakan mengenai konsep original awal YouTube. “Bahkan kita punya slogan: Tune in, Hook up,” jelasnya.

Namun, konsep tersebut ternyata gagal. Mereka bahkan harus membayar perempuan dengan US$ 20 untuk meng-upload video mereka sendiri.

Tidak ada yang tertarik pada situs kencan tersebut, hingga akhirnya Chen, Karim, dan co-founder lainnya Chad Hurley, mengatur strategi lain.

“Lupakan aspek mengenai kencan, kita biarkan saja agar website tersebut bisa meng-upload video apa pun,” ungkap Chen di SXSW.

Video pertama yang dikeluarkan Youtube adalah YouTube’s video Karim dengan judul “Me At The Zoo”. 18 detik berisi gambar gajah, dan sisanya adalah aKuisisi dari google pada 2006.

(Shabrina Aulia Rahmah/Isk)