Sukses

[Tanya Tekno] Memori Internal Luas, Kok Susah Install Aplikasi?

Memori internal di smartphone masih luas, tapi kok susah intall aplikasi? Cek di sini untuk tahu penyebab dan solusinya.

Halo, Tekno Liputan6.com. Saya mau tanya, ponsel Xiaomi Redmi 2 saya kok, enggak bisa install dan memperbarui aplikasi ya? Padahal buat download game dengan ukuran 100MB bisa dan memori internal masih 3GB lebih. Kalau mau install dan memperbarui aplikasi selalu ada keterangan "Ruang penyimpanan tidak tersedia". Terima kasih atas bantuannya!

Liputan6.com, Jakarta - -Wisnu Arifahruddin- 

Halo Wisnu, terima banyak kasih atas pertanyaannya.

Pertama, perlu diketahui bahwa smartphone pada umumnya memiliki dua macam memori, yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal, atau biasa disebut internal storage, merupakan memori bawaan dari smartphone.

Sementara memori eksternal, yang dikenal dengan istilah external storage, berbentuk kartu memori (memory card) dengan kapasitas bermacam-macam.

Nah, kedua macam memori ini memiliki fungsi masing-masing. Khusus untuk memori internal, para pabrikan biasanya membagi memori internal smartphone besutannya menjadi beberapa partisi, atau setidaknya menjadi dua partisi.

Sebagai gambaran mudah, kita ambil contoh harddisk di komputer atau laptop. Harddisk setidaknya terbagi menjadi dua partisi; satu partisi untuk sistem dan program (C: drive), satu partisi lainnya untuk menyimpan data (D: drive).

Kalau memerhatikan pertanyaan Anda, sepertinya memori internal dari smartphone Anda terbagi menjadi tiga partisi, bukan dua partisi; satu partisi dikhususkan untuk sistem, satu partisi lagi untuk memasang aplikasi, dan satu partisi lainnya untuk menyimpan data-data.

Oleh sebab itu, ketika Anda mencoba untuk install dan update aplikasi, selalu ada keterangan "Ruang penyimpanan tidak tersedia" karena partisi memori internal Anda yang dikhususkan untuk aplikasi, sudah (hampir) penuh.

Lalu perlu digarisbawahi, sebagian besar aplikasi atau game biasanya dirancang oleh developer (pengembang) untuk terpasang secara otomatis di memori internal smartphone. Setelah terpasang, sebetulnya ada sebagian aplikasi atau game yang bisa dipindahkan ke memori eksternal.

Anda bisa mengeceknya di Settings > Apps, lalu akan muncul tiga tab yaitu Downloaded, Running, dan All. Pilih Downloaded. Sayangnya, di sini Anda harus mengecek setiap aplikasi satu per satu untuk memastikan apakah aplikasi itu bisa dipindahkan ke memori eksternal atau tidak.

Lantas, adakah solusi untuk masalah Anda? Jawabannya, ada, tapi solusinya bisa dibilang gampang-gampang susah karena langkah-langkahnya cukup teknis. Anda perlu membagi ulang partisi memori internal Anda.

Untungnya, forum pengguna Xiaomi termasuk forum yang terbilang aktif dikunjungi dan kebetulan, setelah kami melakukan penelusuran, masalah yang Anda alami pun pernah dibahas di forum pengguna Xiaomi.

Untuk lebih lengkapnya, silakan Anda klik tautan ini untuk masuk ke thread di forum Xiaomi yang menjelaskan cara membagi ulang partisi memori internal di Xiaomi Mi 2, yang secara garis besar akan sama dengan di Xiaomi Redmi 2 milik Anda.

----

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim pertanyaan Anda ke email: tekno.liputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh tim redaksi atau pakar yang kompeten di bidangnya.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini