Sukses

Kode Nama Android "N" Telah Muncul?

Liputan6.com, Jakarta - Seri Android terbaru, Android N, dipastikan akan segera diperkenalkan pada tahun ini. Setelah Google merilis developer preview beberapa waktu lalu, kali ini pengguna masih harus menunggu nama resmi dari sistem operasi tersebut.

Mengutip informasi dari laman Android Police, Jumat (18/3/2016), Google ternyata sudah memilik kode nama internal untuk Android N, yakni New York Cheesecake.

Kode ini pertama kali diketahui dari inisial 'nyc' yang muncul dalam beberapa kesempatan di repositori Android Open Source Project (AOSP).

Namun, penggunaan kode nama itu sebenarnya tidak berpengaruh pada penggunaan nama resmi di Android nantinya.

Google memang dikenal memiliki kode nama untuk tiap versi Android sebelumnya, seperti KeyLimePie untuk Android KitKat, Lemon Meringue Pie untuk Android Lollipop, dan Macadamia Nut Cookie untuk Android Marshmallow.

Oleh sebab itu, kemungkinan besar nama resmi dari Android N dapat berbeda dari kode nama yang digunakan saat ini. Penggunaan nama untuk Android N sendiri memang telah sering dibahas. Salah satu nama yang digadang-gadang akan jadi nama Android N adalah Nutella.

Sebelumnya, dalam sebuah kunjungan beberapa waktu lalu ke India, CEO Google Sundar Pichai sempat menuturkan ada kemungkinan dibuka poling untuk menentukan nama Android N. Dan, Pichai sendiri ternyata cukup serius akan ucapan tersebut.

Berdasarkan laporan terbaru, Google diketahui telah melakukan poling melalui Google Opinion Rewards. Kendati tidak secara langsung bertanya mengenai Android N, Google menanyakan pengguna mengenai makanan enak yang dimulai dari huruf 'N'. 

Beberapa nama yang ditawarkan Google adalah Napoleon, Nut brittle, Nachos, Nori, serta Nougat. Android N sendiri rencananya diperkenalkan pada gelaran Google I/O 2016 pada 18 Mei mendatang, sementara versi utuh akan dirilis pada kuartal ketiga tahun ini. 

(Dam/Isk)

Artikel Selanjutnya
Terungkap, Alasan Google Selalu Pilih Nama Camilan untuk Android
Artikel Selanjutnya
2 Smartphone Pertama yang Kebagian Android Oreo, Apa Saja?