Sukses

Ingin Menikmati Rasa Android N? Begini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Tak lama setelah hampir setahun Android Marshmallow melenggang, akhirnya Google memberikan 'isyarat' generasi sistem operasi Android terbaru yang memiliki kode 'N' akan segera dirilis.

Seperti diketahui, Google memberikan kesempatan kepada para developer untuk melihat lebih awal versi Android terbaru tersebut. Hal ini dilakukan agar software Android N nantinya bisa kompatibel dengan lebih banyak varian perangkat.

Peluncuran versi preview ini diakui oleh Vice President of Engineering Google, Dave Burke, di luar kebiasaan. Biasanya versi terbaru Android dirilis saat konferensi developer tahunan, kali ini akan digelar pada Mei 2016.

Nah, bagi Anda yang penasaran bagaimana rasa yang ditawarkan Android N, berikut Tekno Liputan6.com paparkan cara untuk menikmati developer preview dari Android N.

Meski terbilang masih 'setengah matang', setidaknya Anda bisa melihat segelintir perubahan yang terjadi pada sistem Android N ini. Seperti apa? Simak caranya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Minimum

Perlu diketahui, jika Anda ingin menikmati developer preview di Android N, smartphone Anda harus merupakan seri smartphone Nexus terbaru, yaitu Nexus 6, Nexus 5X, dan juga Nexus 6P.

Untuk tablet, harus seri tablet Nexus terbaru, yaitu Nexus 9 atau Pixel C. Sementara, jika Anda berminat meng-install developer preview di TV, maka Anda juga bisa meng-installnya di Nexus Player Android TV Box.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Pertama, pastikan Anda sudah mengunduh SDK tools pada link berikut ini, setelahnya install di komputer.

Kedua, reboot smartphone Android Anda ke dalam kondisi bootloader. Setelah itu, hubungkan smartphone Android ke komputer.

Selanjutnya, lakukan OEM Unlock via command prompt pada Android SDK Tools dengan menggunakan instruksi Fastboot OEM Unlock atau Fastboot Flashing Unlock (tergantung perangkat yang digunakan).

Cara Install Android N Developer Preview

Setelahnya, unduh ROM atau system image Android N di link ini. Setelah mengunduh ROM atau system image, segera ekstrak ke dalam direktori SDK Tools.

Nah, saat proses unpacking system image selesai, jalankan instruksi "Flash All". Tunggu proses instalasi berlangsung hingga 10 menit.

Bingo! Anda sudah bisa menikmati developer preview Android N pada perangkat Android Anda.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.