Sukses

Liburan Bersama Anak? Lakukan 6 Hal Ini dengan Gadget

Liputan6.com, Jakarta - Tentunya berlibur merupakan hal yang dinanti-nanti oleh keluarga Anda. Apalagi menjelang liburan sekolah, maka permintaan berlibur dari anak Anda akan semakin intens. Anda tentunya tidak ingin mengecewakan anak Anda, bukan?

Saat perjalanan, tentunya seorang anak yang bergerak aktif akan cepat merasa bosan. Pada saat yang sama, kemungkinan paling besar Anda akan menyerahkan gadget pada anak Anda agar mereka dapat mengisi waktu. Pastinya Anda juga tidak akan lupa berpergian tanpa smartphone Anda.

Mengutip laman Coolmomtech, Sabtu (19/3/2016), berikut adalah kiat-kiat untuk Anda yang sudah memiliki anak, ketika akan berlibur membawa gadget.

1. Siapkan charger, headphone, dan splitters

Tidak hanya gadget, sebagian dari Anda tentu membawa perangkat lain seperti smartphone, tablet maupun laptop. Tetapi ingatlah untuk selalu membawa perangkat pelengkap seperti charger.

Bila perlu Anda juga bisa membawa headphone atau pun headset agar mereka bisa tetap menonton dengan tenang tanpa mengganggu Anda.

Bila Anda memiliki lebih satu Anak, maka splitters akan menjadi alat yang sangat berguna. Atau bila Anda tidak ingin repot, ada juga yang menyediakan bluetooth headset tanpa kabel.

2. Isi gadget dengan aplikasi

Semakin banyak aplikasi menyenangkan yang Anda miliki, semuanya akan menjadi berguna bila Anda sedang dalam perjalanan panjang bersama anak-anak. Terkadang ketika anak Anda ingin menonton YouTube namun tidak ada WiFi, maka kuota data Anda akan terbuang sia-sia.

Oleh karena itu, Anda bisa mengisi gadget Anda dengan permainan maupun aplikasi yang menyenangkan yang cocok untuk anak Anda.

Tentunya Anda bisa mencari yang gratis agar dapat di-uninstall kembali ketika Anda sudah tidak membutuhkannya. Bila anak Anda lebih suka membaca, maka Anda bisa download beberapa e-book.

3. Letakkan semua dengan rapi

Membawa peralatan berbasis kabel dengan jumlah yang banyak tentunya bukan perkara mudah. Bila Anda memasukannya ke dalam tas secara asal-asalan, maka bisa dibayangkan betapa ribetnya Anda saat membutuhkan salah satunya.

Pastikan Anda menggulung kabelnya dengan rapi dan baik. Anda hanya perlu mengorbankan 5 menit untuk melakukannya. Anda bisa meletakkan benda yang berukuran kecil ke dalam tas dengan ukuran lebih kecil.

1 dari 2 halaman

Regulasi TSA

4. Ingat kembali regulasi TSA

Jika Anda berpergian menggunakan pesawat, maka pasti Anda harus ingat dengan peraturan untuk tidak mengeluarkan laptop ketika melewati gerbang pemeriksaan.

Pastinya Anda tidak ingin ribet dengan bolak-balik mengeluarkan dan memasukkan laptop Anda ke dalam tas ketika akan melewati pemeriksaan. Anda akan menghemat waktu dan emosi Anda.

5. Lakukan tidak pencegahan

Anak-anak dan gadget, meningkatkan risiko benda tersebut jatuh, rusak atau pun hilang. Sebaiknya berikan pengamanan ekstra pada laptop, smartphone maupun tablet Anda.

Untuk menjaga dari kerusakan saat terjatuh, maka Anda bisa melengkapi peralatan Anda dengan pelindung yang banyak dijual di pasaran. Pasang pelindung yang memiliki gambar-gambar lucu agar anak Anda betah memegangnya.

Untuk menghindari pencurian, pasangkan smartphone Anda dengan aplikasi yang dapat menemukan gadget hilang.

6. Isi daya baterai

Mungkin yang satu ini tidak perlu lagi untuk diingatkan. Akan tetapi, pastikan agar baterai gadget Anda dalam keadaan penuh saat meninggalkan rumah ataupun hotel.

Bila sudah malam, ingat untuk mengatur gadget ke ‘night mode’ untuk enghemat daya. Tentunya Anda tidak ingin melewatkan momen-momen penting untuk memotret hanya karena baterai gadget Anda habis.

(Shabrina Aulia Rahmah/Isk)