Sukses

Seperti WhatsApp, Facebook Akan Cabut Dari BlackBerry

Setelah WhatsApp, Facebook bakal cabut dukungannya untuk BlackBerry.

Liputan6.com, California - BlackBerry terancam 'tenggelam' karena Facebook akan mencabut dukungan aplikasi jejaring sosialnya pada perangkat mobile buatan Kanada itu.

Melansir laman CNET, Selasa (22/3/2016), jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini mengikuti keputusan yang diambil oleh aplikasi olah pesan WhatsApp. Pihak WhatsApp sendiri memastikan akan menutup dukungannya pada perangkat BlackBerry akhir 2016.

Beberapa waktu lalu,BlackBerry merupakan ponsel paling terkenal di dunia. Orang terkenal seperti Hillary Clinton pun sempat menggunakannya. Sayangnya, kini perusahaan asal Kanada itu mengalami penurunan beberapa tahun terakhir.

Sebagai perbandingan, data Kantar Worldpanel menyebutkan kini Android dan Apple masing-masing menguasai pasar penjualan smartphone sebesar 58 persen dan 39 persen. Sementara, BlackBerry hanya menyumbang 0,1 persen dari penjualan ponsel pintar di dunia.

Dengan penjualan pada peringkat bawah, BlackBerry pun disebut akan makin kehilangan penggunanya setelah layanan Over The Top (OTT) seperti WhatsApp dan Facebook menghentikan dukungannya.

Menghadapi kepergian media sosial dengan pengguna lebih dari 1 miliar itu, BlackBerry tetap berusaha optimistis. "Aplikasi (Facebook) terus mengalami pertumbuhan dan itu bukan hal yang bisa kami kontrol," ujar BlackBerry Senior Marketing Manager Lou Gazzola.

Ia meneruskan, pihaknya sangat kecewa dengan keputusan tersebut sebab banyak pengguna BlackBerry yang sangat menyukai aplikasi Facebook. "Kami terus berjuang agar WhatsApp dan Facebook berubah pikiran, namun hingga saat ini keputusan mereka tetap," imbuhnya.

Untuk diketahui, Facebook dan WhatsApp merupakan dua aplikasi yang termasuk dalam 10 aplikasi terpopuler yang diunduh di BlackBerry World.

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini