Sukses

iPhone SE Diklaim Jadi Smartphone Termurah Apple

Apakah ini merupakan salah satu strategi Apple demi menyentuh segmen konsumen yang tak mampu membeli perangkat iPhone?

Liputan6.com, Cupertino - Apple dikenal sebagai vendor smartphone yang gemar membanderol produk-produknya dengan harga tinggi. Meski harganya selangit, jajaran perangkat yang ditawarkan setidaknya memiliki kualitas dan pride tersendiri bagi penggunanya.

Ada yang berbeda dari peluncuran produk terbaru Apple pada Selasa (22/3/2016) kemarin. Salah satunya adalah iPhone SE yang merupakan smartphone terbaru Apple dengan layar 4 inci.

Menariknya, iPhone SE dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk versi 16GB saja, iPhone SE dipatok US$ 399 (setara dengan Rp 5,2 juta) dalam versi unlocked alias tanpa kontrak operator.

Meski masih dalam kategori harga di atas Rp 5 juta, iPhone SE rupanya diklaim menjadi smartphone termurah Apple. Seperti dilansir Forbes, Rabu (23/3/2016), seorang pakar teknologi Mark Rogowsky mengatakan bahwa Apple tidak pernah mematok harga serendah itu untuk produk terbarunya.

"Harga ini memang belum bisa dikatakan terjangkau karena smartphone Android sudah ada yang dibanderol di bawah harga US$ 100 (Rp 3 juta). Sementara, smartphone bagus seperti seri Moto G saja sudah bisa dibeli dengan harga US$ 200 (Rp 4 juta), tetapi iPhone SE memang dinilai paling murah untuk ukuran Apple," kata Rogowsky.

Meski murah, Rogowsky berasumsi bahwa ini merupakan salah satu strategi Apple untuk bisa menyentuh konsumen yang tidak bisa membeli poerangkat iPhone dengan harga yang tinggi.

Oleh karena itu, Apple mengakalinya dengan mengemas smartphone 4 inci yang desainnya sama persis iPhone 5/5s, namun memiliki spesifikasi mumpuni sekelas iPhone 6s.

"SE ini saya nilai versi 'mungil' dari 6s. Tekonologinya bahkan hampir sama. Smartphone ini sudah menggunakan chip A9, menawarkan kualitas kamera yang sama termasuk LivePhotos. Fitur lainnya pun lengkap, seperti ApplePay dan mengaktifkan Siri tanpa harus menekan tombol."


iPhone SE akan dijual di pasaran mulai 31 Maret 2016 mendatang dengan harga jual US$ 399 (Rp 5,2 juta) dan US$ 499 (Rp 6,2 juta) di wilayah Amerika Serikat terlebih dahulu. Nantinya, pengapalan iPhone SE secara global di lebih 110 negara akan menyusul pada akhir Mei 2016.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini