Sukses

3 Alasan Anda Harus Menjauhkan Smartphone Saat Tidur

Liputan6.com, Jakarta - Ada beberapa hal yang biasa Anda lakukan sebelum tidur dengan smartphone. Biasanya penggunaan tersebut bisa termasuk melihat media sosial, melakukan browsing, melanjutkan permainan yang tertunda, ataupun sekedar memantau perkiraan cuaca esok hari.

Jika Anda merupakan salah satu dari orang-orang yang menggunakan smartphone sebelum tidur, Anda harus segera mengurangi kebiasaan tersebut. Hasil penelitian menyebutkan, smartphone memberikan efek buruk untuk kesehatan badan.

Mengutip laman Davidwolfe, Kamis (24/3/2016) mungkin Anda sering mendengar tentang radiasi pada ponsel. Tetapi tidak hanya itu saja, melainkan cahaya biru yang diproduksi oleh smartphones juga membawa pengaruh buruk.

Berikut adalah tiga gangguan yang ditimbulkan smartphone pada kesehatan Anda:

1. Kerusakan Mata

Paparan cahaya biru di malam hari telah terbukti menyebabkan kerusakan pada retina dan menurunnya kemampuan penglihatan. Pengembangan katarak juga dapat terjadi akibat paparan cahaya biru. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu apabila Anda terus menggunakan smartphone di malam hari dalam jangka panjang.

2. Mengganggu Siklus Tidur

Cahaya biru mengganggu produksi hormon melatonin yang mengatur siklus tidur tubuh Anda. Tanpa siklus tidur yang teratur maka Anda tidak bisa mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Kurangnya tidur juga mengganggu masalah kesehatan lain seperti penyakit jantung, masalah kardiovaskular, pelemahan daya ingat, depresi, penuaan, maupun bertambahnya berat badan.

3. Berisiko Kanker

Kembali menekankan hormon melatonin yang ternyata juga berfungsi sebagai antioksidan. Kanker yang disebabkan oleh cahaya biru tersebut berlaku untuk kanker payudara dan prostat.

Memang penggunaan yang hanya sebentar tidak akan berpengaruh apa-apa. Tetapi terdapat kasus di mana seseorang akan menggunakan ponselnya selama berjam-jam hingga lupa waktu. 

(Shabrina Aulia Rahmah/Ndw)