Sukses

Update iOS 9.3 Alami Kendala, Sejumlah Aplikasi Tak Berfungsi

Pembaruan iOS 9.3 di iPhone 6S dan 6S Plus dikabarkan membuat beberapa aplikasi seperti Safari, Mail, Note, dan Messages tak berfungsi

Liputan6.com, Jakarta - Sistem operasi terbaru besutan Apple, iOS 9.3, yang baru dirilis beberapa waktu lalu ternyata dikabarkan masih mengalami kendala. Informasi ini pertama kali diketahui dari laporan di situs Apple Support Communities.

Dilansir dari laman Phone Arena, Senin (28/3/2016), beberapa pengguna melaporkan aplikasi di iPhone 6S dan iPhone 6S Plus menjadi tak berfungsi setelah melakukan pembaruan ke iOS 9.3. Aplikasi yang dimaksud adalah Safari, Mail, Notes, dan Messages.

Beberapa aplikasi tersebut dilaporkan tidak bisa membuka tautan situs yang disertakan pada konten atau isi pesan. Tak hanya itu, aplikasi tersebut juga akan tertutup sendiri, freeze, bahkan hang ketika bermaksud membuka tautan tertentu.

Namun, beberapa pengguna juga melaporkan cara untuk mengatasinya, yakni mematikan JavaScript di peramban Safari. Lewat cara tersebut mereka berhasil mengatasi masalah tersebut, tapi penyelesaian itu disebut hanya berhasil di beberapa perangkat.

Selain iPhone seri terbaru, masalah yang sama juga dialami pada perangkat yang lebih lama. Untuk itu, Apple memilih untuk menunda perilisan iOS 9.3 untuk iPhone 5s dan seri sebelumnya, atau iPad Air dan seri sebelumnya. Perusahaan asal Cupertino ini menuturkan akan segera merilis iOS 9.3 untuk perangkat tersebut pada beberapa hari ke depan.

iOS 9.3 sendiri adalah sistem operasi terbaru yang diperkenalkan bersamaan dengan iPhone SE. Apple menyebutkan iOS 9.3 hadir dengan sejumlah perubahan yang sebelumnya sudah diperkenalkan dalam versi beta.

Salah satunya adalah fitur Night Shift yang pertama kali ada di iOS 9.3 Fitur ini memungkinkan pengguna mengatur pencahayaan menjadi lebih 'hangat' dengan mengurangi emisi cahaya biru pada saat malam hari. Kehadiran fitur ini dapat membantu mata pengguna melihat layar iPhone dengan lebih nyaman saat malam hari.

(Dam/Cas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini